Sabtu 20 Mar 2021 10:23 WIB

Mahasiswa UBSI Geluti Usaha Edukasi Berbasis Teknologi

Bisnis itu bernama Skoolin.

Mahasiswa Universitas BSI bernama Jennifer menggeluti usaha bisnis di bidang edukasi berbasis teknologi, yang bernama Skoolin.
Foto: Dok UBSI
Mahasiswa Universitas BSI bernama Jennifer menggeluti usaha bisnis di bidang edukasi berbasis teknologi, yang bernama Skoolin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jennifer biasa disapa Jenni merupakan mahasiswa semester dua kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus BSD. Ia  memiliki bisnis bernama Skoolin di bidang edukasi berbasis teknologi.

“Skoolin merupakan sebuah usaha yang bergerak di  bidang edukasi berbasis teknologi yang mempunyai visi memajukan pendidikan Indonesia menggunakan teknologi dengan cara mengimplementasikan sebuah sistem berbasis web guna mempermudah proses belajar-mengajar secara online maupun offline,” tutur Jenni melalui rilis, Senin (15/3).

Jenni memulai usahanya sejak Maret 2020 bersama dengan ketiga orang temannya yang saat ini sebagai timnya. Ide usaha itu muncul setelah Jenni dan timnya mengikuti sebuah event SWI (Startup Weekend Indonesia) pada  2019 lalu.

“Saya dan tim mengikuti event SWI  tahun 2019. Event tersebut diikuti oleh banyak penggiat startup. Kami mendapatkan ide untuk membuat sistem sekolah berdasarkan pain yang dialami oleh para orang tua, guru, dan siswa. Setelah berdiskusi panjang, akhirnya kami membuat sebuah usaha yang bernama Skoolin,” ujarnya.

Ia mengatakan, skoolin saat itu lahir dengan ide yang sederhana seperti sistem administrasi online, perpustakaan online, dan ujian online.

“Saya melakukan penelitian hingga Juni 2020. Saat ini Skoolin memiliki beberapa fitur yang dapat memaksimalkan sarana pendidikan di Indonesia,” paparnya.

Jenni sempat merasa kurang bersemangat dalam menjalani bisnisnya saat wabah Covid-19 menyerang. Karena,  menurutnya, pendidikan di Indonesia menjadi kurang maksimal dan terganggu.

 “Namun, saya melihat  semangat para guru dan murid yang tetap berjuang melakukan pembelajaran secara daring. Saya juga mendapatkan pembelajaran di kampus Universitas BSI dari lembaga BEC (BSI Entrepreneur Center),” katanya.

Hal tersebut  membuatnya kembali bersemangat untuk mengembangkan fitur Skoolin dan membuatnya semakin yakin bahwa Skoolin adalah solusi yang tepat untuk pendidikan di Indonesia.

“Saat ini saya sedang mengikuti kompetisi bisnis yang diselenggarakan oleh IC UBSI yaitu Wiramuda Business Competition 2021. Saya berharap mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi tentang entrepreneurship dan mampu menjadi seorang entrepreneur yang sukses,” paparnya.

Kepala Bagian BEC Fuad Nur Hasan, mengatakan bahwa benar Jenni merupakan mahasisawa Universitas BSI kampus BSD. Ia sangat gigih dan aktif dalam mengikuti semua kegiatan entrepreneur di kampus Universitas BSI. “Saya berharap usahanya dapat berkembang lebih pesat lagi,” tandas Fuad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement