Jumat 19 Mar 2021 21:45 WIB

Pandemi Momentum Daerah Berinovasi dalam Pelayanan Publik

Ganjar meminta inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi harus digenjot

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar meminta inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi harus digenjot
Foto: dokpri
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar meminta inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi harus digenjot

REPUBLIKA.CO.ID, SALATIGA -- Pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi daerah untuk melakukan berbagai inovasi serta terobosan dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan berbagai pelayanan publik berbasis aplikasi.

Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mendampingi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meresmikan Mall Pelayanan Publik Kota Salatiga, Jumat (19/3).  

Menurut gubernur, peningkatan pelayanan publik berbasis aplikasi sekarang ini harus didorong. Terlebih pada masa pandemi yang menjadi momentum untuk mewujudkan inovasi-inovasi tersebut.

“Di saat tatap muka, kontak fisik maupun bertemu atau datang ke kantor harus dibatasi, pengembangan aplikasi- aplikasi pelayanan publik menjadi solusi terbaik dalam menyelesaikannya,” kata Ganjar.

Karena itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah sangat mendukung upaya- upaya tersebut, termasuk juga upaya untuk mewujudkan Mal Pelayanan Publik di berbagai daerah di Jawa Tengah.

Bahkan, orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah tersebut juga menginginkan agar daerah terus membuat fasilitas pelayanan terpadu tersebut, sebagai wujud nyata pemerintah dalam melayani masyarakatnya.

Karena pelayanan kepada masyarakat akan bisa dilakukan dengan murah, mudah, efisien dan cepat dalam semua hal, termasuk perizinan. Sehingga Mal Pelayanan Publik juga merupakan implementasi nyata dalam mewujudkan reformasi birokrasi.

“Dengan cara itu, maka tujuan kehadiran negara untuk melayani masyarakatnya akan bisa diwujudkan,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement