Jumat 19 Mar 2021 17:56 WIB

Sultan tak Larang Warga yang akan Mudik Idul Fitri 2021

Sultan juga tak berencana menutup destinasi wisata namun tetap menerapkan prokes.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Andi Nur Aminah
 Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY tidak berencana untuk menutup destinasi wisata di masa libur lebaran Idul Fitri 2021. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan perekonomian pelaku usaha wisata.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, tidak mudah untuk menutup destinasi wisata. Terlebih, DIY menggantungkan perekonomiannya pada pariwisata.

Baca Juga

"Menutup tempat wisata bisa saja, tapi apakah kabupaten/kota dan sebagainya setuju. Pelaku usaha pariwisata, mereka juga butuh makan, kan tidak semudah itu (menutup pariwisata)," kata Sultan belum lama ini.

Sultan juga tidak melarang warganya untuk mudik pada Idul Fitri 2021. Namun, ia menegaskan bahwa protokol kesehatan pencegahan Covid-19 harus diterapkan dengan ketat. "5M harus tetap dipenuhi, kalau saya hanya itu saja. Selama mereka bisa memenuhi (5M), ya ketentuannya ya itu saja," ujarnya.

Sultan menuturkan, ia lebih cenderung untuk mengurangi hari mudik dan libur lebaran. Sehingga, hal ini juga dapat mengurangi mobilitas masyarakat. "Misalnya kemarin itu bisa lima hari sampai seminggu (hari libur), sekarang tidak seperti itu. Jadi mengurangi orang untuk termobilisasi bagi yang tidak bisa menerapkan secara baik 5M itu," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement