Jumat 19 Mar 2021 13:14 WIB

Disebut Biden Pembunuh, Ini Jawaban Vladimir Putin

Putin mengusulkan dialog langsung dengan Joe Biden.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto: EPA-EFE/MIKHAIL KLIMENTYEV/SPUTNIK/KREMLIN PO
Presiden Rusia Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin, mengatakan dia dan Presiden Amerka Serikat (AS) Joe Biden, harus menggelar pembicaraan daring secara langsung dalam beberapa hari mendatang, Kamis (18/3). Ajakan ini terlontar setelah Biden mengatakan pemimpin Rusia itu sebagai pembunuh dan hubungan diplomatik tenggelam ke titik terendah baru pasca-Perang Dingin.

"Saya ingin menawarkan kepada Presiden Biden bahwa kami melanjutkan diskusi tetapi dengan syarat melakukannya secara langsung, daring, tanpa penundaan," kata Putin ketika ditanya dalam wawancara televisi tentang komentar Biden.

Baca Juga

Putin mengatakan, terakhir kali berbicara dengan Biden melalui telepon atas permintaan presiden AS. Dia sekarang mengusulkan agar mereka melakukan percakapan lain, pada Jumat atau Senin (19 atau 22/3), yang akan diadakan melalui tautan video dan disiarkan langsung. Kedua pemimpin terakhir berbicara melalui telepon pada 26 Januari beberapa hari setelah Biden menjabat.

“Saya ingat di masa kecil saya, ketika kami bertengkar di halaman satu sama lain, kami biasa berkata, 'dia yang mengatakannya, melakukannya'. Dan itu bukan kebetulan, bukan hanya ucapan atau lelucon anak-anak. Makna psikologis di sini sangat dalam," kata Putin mengutip nyanyian taman bermain anak-anak Rusia untuk menanggapi tuduhan Biden.

Putin kemudian berbicara tentang sejarah AS. Ia berbicara tentang apa yang disebut sebagai genosida penduduk asli Amerika, perbudakan, dan perlakuan buruk terhadap orang kulit hitam. Dia pun menyoroti AS yang menjatuhkan bom atom di Jepang pada akhir Perang Dunia II.

Baca juga : Mufti Besar Arab Saudi: Vaksinasi tidak Membatalkan Puasa

“Mereka mengira kami seperti mereka, tetapi kami berbeda, kami memiliki kode genetik dan budaya-moral yang berbeda,” kata Putin.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement