Jumat 19 Mar 2021 12:25 WIB

SMA Bosowa Bina Insani Gelar Ekskul Menulis Cerpen

Cerpen karya  siswa akan diterbitkan menjadi sebuah buku.

 SMA Bosowa Bina Insani Bogor menggelar Happy Ekskul Online nenulis cerpen, Rabu (17/3).
Foto: Dok Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI)
SMA Bosowa Bina Insani Bogor menggelar Happy Ekskul Online nenulis cerpen, Rabu (17/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Pada Rabu ( 17/3),  SMA Bosowa Bina Insani Bogor kembali melaksanakan kegiatan Happy Ekskul Online. Kali ini giliran para siswa yang memilih ekskul Menulis Cerpen. Penanggung jawab  Ekskul Rizki Idham Sigit mengundang  redaktur senior Harian Republika Irwan Kelana sebagai nara sumber.

“Happy Ekskul Online Menulis Cerpen ini bertujuan untuk mewadahi dan mengasah bakat menulis para siswa di bidang tulis-menulis cerita pendek (cerpen). Goalnya adalah, karya cerpen siswa yang berhasil dikumpulkan akan diterbitkan menjadi sebuah buku,” kata  Rizki Idham Sigit dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Baca Juga

Acara ini dimulai pukul 13:00 dan diakhiri pukul 15:00. Acara dipandu Pak Rasum sebagai moderator sekaligus operator. Nara sumber, Irwan Kelana memulai pelatihan menulis cerpen dengan terlebih dahulu menyampaikan pengalaman-pengalamannya dalam hal menulis cerpen dan novel, dilanjutkan dengan penyajian materi pokok yang presentasinya diberi judul “Kamu Juga Bisa Menulis Cerpen”.

Mengingat pengertian cerpen yang beragam kriteria atau batasannya, Irwan memilih memberi makna cerpen daripada memberi batasan-batasan. “Sebuah cerpen mengangkat sebuah persoalan/fragmen/konflik  kehidupan sang tokoh dan penulis memberikan jawaban/solusi atas persoalan/fragmen/konflik kehidupan tersebut,” kata Irwan.

Irwan melanjutkan, bahwa cerpen yang baik terdiri dari unsur-unsur: tema atau gagasan inti, alur atau plot, penokohan, latar atau setting, sudut pandang tokoh, serta  konflik cerita dan solusi yang ditawarkan penulis atas konflik tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement