Jumat 19 Mar 2021 03:19 WIB

Roma Menang Agregat 5-1 atas Shakhtar Donetsk 

AS Roma menang 2-1 saat bertandang ke markas Shakhtar Donetsk di Ukraina.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita
Borja Mayoral dari AS Roma ketika mencetak gol kedua ke gawang Shakhtar Donetsk.
Foto: EPA-EFE/SERGEY DOLZHENKO
Borja Mayoral dari AS Roma ketika mencetak gol kedua ke gawang Shakhtar Donetsk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Shakhtar Donetsk menjamu AS Roma pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa, di Stadion Olimpiade Kiev, Ukraina, Jumat (19/3) dini hari WIB. Roma menang 2-1 pada laga ini dan berhak lolos ke babak berikutnya dengan agregat 5-1. 

Roma memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan tuan rumah. Peluang pertama dimiliki oleh Mayoral di menit ke-6 saat menerima umpan dari Cristante. Ia mendapat ruang tembak di tengah kotak tapi tendangannya masih melebar ke kanan. 

Baca Juga

Pada menit ke-12, tuan rumah maju dari sisi kanan dengan umpan terobosan oleh Solomon ke jalur Dodo. Dodo kemudian memberikan umpan silang kepada Alan Patrick yang langsung melepaskan tembakan ke gawang tetapi masih bisa diblokir oleh bek dan hanya menghasilkan sepak pojok. 

Shakhtar kembali memberikan ancaman pada menit ke-27 saat Alan Patrick lolos dari penjagaan Diawara di tepi area penalti. Namun, tembakan mendatar dengan kaki kirinya masih bisa diamankan oleh Lopez. 

Peluang kembali dimiliki oleh Shakhtar di menit ke-34 saat Dodo melepaskan umpan silang lambung ke tengah kotak yang disambut oleh tandukan Moraes. Sayang, tandukannya masih melebar. Tidak  ada gol yang tercipta hingga turun minum. 

Pada babak kedua, Roma memecah kebuntuan di menit ke-48 melalui Mayoral. Sepuluh menit berselang, Shakhtar menyamakan kedudukan 1-1 saat Alan Patrick mengirimkan umpan silang ke tengah gawang dan disambut oleh Junior Moraes dengan tembakan ke sudut kanan bawah.

Roma kembali memimpin di menit ke-72 saat Pedro mengirimkan umpan yang membelah pertahanan ke Mayoral. Tandukan striker itu berhasil melewati Trubin ke sudut kanan bawah gawang. Skor berubah 2-1 untuk Roma hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. 

Susunan pemain kedua tim: 

Shakhtar Donetsk (4-3-3): Trubin;  Dodo, Vitao, Kryvtsov, Matviyenko;  Alan Patrick, Marcos Antonio, Maycon;  Tete, Junior Moraes, Solomon 

Cadangan: Shevchenko, Pyatov, Khocholava, Taison, Dentinho, Marlos, Marquinhos, Bolbat, Sudakov, Konoplyanka, Bondar, Fernando. 

Pelatih: Luis de Castro 

AS Roma (3-4-3): Pau Lopez;  Ibanez, Cristante, Kumbulla;  Karsdorp, Diawara, Villar, Spinazzola;  Carles Perez, Pedro, Mayoral 

Cadangan: Mirante, Fuzato, Pellegrini, Dzeko, Santon, Mancini, Bruno Peres, Calafiori, El Shaarawy 

Pelatih: Paulo Fonseca 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement