Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Buaya 2,5 Meter Milik Warga Kalbar Dievakuasi

Kamis 18 Mar 2021 21:40 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: ANTARA/Irsan Mulyadi
Buaya 2,5 meter seberat 80 kilogram itu bernama Tesen. Dipelihara sejak 2010.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Petugas Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang mengevakuasi buaya milik warga di Desa Goa Boma, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Reptil sepanjang 2,5 meter tersebut berjenis buaya muara.

"Buaya yang dievakuasi pada Rabu (17/3) kemarin adalah satwa jenis buaya muara," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang Suparto di Singkawang, Kamis.

Buaya yang dipelihara oleh pemiliknya sejak tahun 2010 itu kini dititipkan di Lembaga Konservasi Sinka Island Park Singkawang. Menurut keterangan dari warga yang merawatnya, buaya bernama Tesen tersebut dibeli oleh ayahnya dari seorang warga di Kabupaten Mempawah saat masih anakan.

"Ayah dari pemilik yang merawat Tesen telah meninggal dunia, sehingga keluarga berinisiatif untuk menyerahkan satwa ini ke Balai KSDA Kalimantan Barat," kata Suparto.

Ia mengatakan, tim Wild Rescue Unit (WRU) membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk mengevakuasi Tesen. Buaya jantan sepanjang 2,5 meter itu memiliki berat sekitar 80 kg.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA