Kamis 18 Mar 2021 21:16 WIB

Kasus Covid-19 di Lampung Cenderung Menurun

Tidak terdapat lagi daerah zona merah di Lampung, tetapi zona hijau juga tidak ada.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ratna Puspita
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana.
Foto: Antara
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Provinsi Lampung dalam sepekan terakhir cederung menurun setiap hari. Selain itu, kasus pasien positif sembuh cenderung bertambah, tetapi pasien meninggal dunia masih terjadi setiap harinya.

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Kamis (18/3), total pasien konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 13.425 orang atau bertambah 37 kasus. Sedangkan pasien positif yang sembuh total 12.095 orang atau bertambah 63 orang. Sementara pasien positif yang menigngal dunia total 714 orang atau bertambah lima orang.

Baca Juga

Berdasarkan persebaran kasus positif, dari 15 kabupaten/kota di Lampung, tidak terdapat lagi daerah zona merah, tetapi zona hijau juga tidak ada. Masih ada 10 daerah berstatus zona oranye (risiko kenaikan kasus sedang), dan lima daerah zona kuning (risiko kenaikan kasus rendah).

Dari 15 daerah di Lampung, Kota Bandar Lampung masih tertinggi jumlah kasus positif yakni 4.928 orang, selesai isolasi 4.416 orang, dan kasus meninggal dunia 320 orang. Kota Bandar Lampung sebelumnya status zona merah dua kali. Pemkot Bandar Lampung menargetkan akan mengubah status menjadi zona hijau pada April 2021 atau sebelum Idul Fitri.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana mengatakan, hanya terdapat penambahan kasus positif sebanyak 37 orang pada Kamis (18/3). Di antaranya, Bandar Lampung 18 orang, Lampung Tengah 6 orang, Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Lampung Utara masing-masing 3 orang, Pringsewu 2 orang, Metro dan Pesisir Barat masing-masing 1 orang.

“Dari 37 kasus tambahan itu terdiri dari kasus baru 31 orang, hasil tracing 6 orang, pasien dirawat 17 orang, pasien isolasi mandiri 20 orang, pasien meninggal dunia lima orang,” kata Reihana, yang juga kepala Dinkes Lampung dalam keterangan persnya, Kamis (18/3).

Dalam sepekan terakhir, jumlah kasus positif terjadi penurunan, yang sebelumnya berada di bawah 100 kasus dan di atas 50 kasus. Pada beberapa hari terakhir, terjadi penurunan kasus lagi di bawah 50 kasus. Sedangkan pasien yang sembuh setiap harinya terus bertambah.

Reihana mengatakan, pasien yang sembuh bertambah 63 orang, tersebar di Bandar Lampung 22 orang, Metro 12 orang, Lampung Utara 11 orang, Tanggamus 5 orang, Pesawaran 4 orang, Lampung Selatan dan Tulangbawang masing-masing 3 orang, Lampung Barat 2 orang, dan Pringsewu 1 orang.

Sedangkan pasien yang meninggal dunia, kata Reihana masih terjadi penambahan sebanyak lima orang, dari Bandar Lampung dua orang, Lampung Tengah, Pringsewu, dan Pesisir Barat masing-masing satu orang.

“Angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Lampung mencapai 89,87 persen, dan kasus meninggal dunia atau case fatality rate sebesar 5,30 persen,” kata Reihana yang juga Plt. dirut RSUD Abdul Moeloek Lampung.

Ia mengatakan, selama pandemi Covid-19 di Lampung sejak 14 Mei 2020 telah dilakukan uji laboratorium sampel sebanyak 77.031 spesimen, yang menghasilkan positif 23.434 spesimen. Sedangkan total orang yang diswab selama pandemi sebanyak 35.381 orang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement