Kamis 18 Mar 2021 18:17 WIB

Cara Mengaktifkan Pesan Menghilang di WhatsApp

Pesan WhatsApp akan hilang dalam 7 hari setelah dikirim.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
 Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi pesan media sosial Whatsapp (kiri dan kanan), signal dan telegram.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi pesan media sosial Whatsapp (kiri dan kanan), signal dan telegram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp telah meluncurkan fitur pesan menghilang WhatsApp (WhatsApp Disappearing Messages). Ini artinya, pesan baru yang dikirim dalam obrolan individual akan secara otomatis hilang.  Pesan yang menghilang adalah fitur yang tersedia di beberapa layanan lain, seperti Signal.

Bagaimana cara menggunakannya? Dilansir dari Pocket-lint,Kamis (18/3), pengguna perlu mengaktifkan fitur pesan yang menghilang di WhatsApp. Setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut, pesan yang dikirim dalam obrolan individu atau grup akan hilang setelah tujuh hari. Saat ini, Anda tidak dapat mengubah lamanya waktu itu, seperti yang Anda bisa dengan Signal.

Baca Juga

 

Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur tersebut:

  1. Buka WhatsApp
  2. Buka obrolan individu. Tap nama kontak di bagian atas dan pilih pesan yang menghilang.
  3. Tap lanjutkan (jika diminta). Pilih on atau off.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang menghilang di obrolan grup. Untuk hal ini, Anda harus menjadi admin.

Buka WhatsApp dan buka obrolan grup. Tap nama grup di bagian atas. Pilih pesan yang menghilang. Tap lanjutkan (jika diminta), pilih on atau off.

Selanjutnya, cara mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang hilang di WhatsApp Web atau aplikasi Desktop. Buka Web atau Aplikasi WhatsApp, buka obrolan atau grup individu.

Ketuk pada kontak atau nama grup di bagian atas. Pilih pesan yang menghilang dan tap lanjutkan (jika diminta). Pilih on atau off.

Fitur pesan menghilang

Pesan yang dikirim atau diterima sebelum fitur pesan menghilang diaktifkan tidak akan terpengaruh sehingga Anda masih dapat melihatnya. Fitur tersebut harus diaktifkan untuk setiap obrolan individu. Jadi ini bukan sesuatu yang dapat Anda aktifkan secara default untuk semua pesan. Pengguna dalam obrolan individu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut. Dalam obrolan grup, hanya admin grup yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang menghilang.

Pesan masih dapat muncul sebagai pratinjau dalam pemberitahuan jika pengguna belum membuka WhatsApp selama tujuh hari. Pratinjau akan hilang ketika WhatsApp dibuka.

Jika Anda membalas pesan yang menghilang, pesan awal masih bisa muncul di obrolan setelah jangka waktu tujuh hari. Jika pesan menghilang, pesan tidak akan hilang dalam obrolan itu dan masih akan terlihat. Jika cadangan dibuat sebelum pesan yang menghilang, pesan akan dimasukkan ke dalam cadangan,  tetapi pesan yang menghilang akan dihapus saat Anda memulihkan dari cadangan.

Perlu juga dicatat bahwa tangkapan layar dan foto masih dapat diambil dari pesan yang menghilang sebelum pesan itu pergi dan penggunaannya juga dapat menyalin dan menyimpan konten dari pesan yang menghilang sebelum pesan itu lenyap.

Lalu, bagaimana dengan foto dan media? WhatsApp secara otomatis menyimpan media yang datang melalui layanan ke foto Anda secara default. Fitur ini dapat dimatikan, tetapi itu berarti bahwa meskipun media dan gambar akan hilang jika pesan yang menghilang diaktifkan untuk obrolan itu, mereka masih akan disimpan di telepon penerima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement