Kamis 18 Mar 2021 15:45 WIB

Presiden Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa di Gowa

Kolam berfungsi menampung sementara air hujan sebanyak 2,7 juta meter kubik.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kolam regulasi Nipa-Nipa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kolam regulasi Nipa-Nipa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kolam regulasi Nipa-Nipa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3). Kolam seluas 83 hektare berfungsi menampung sementara air yang masuk melalui pelimpah selama puncak musim hujan dan kembali mengalirkannya melalui pintu-pintu pengatur atau pompa air setelah hujan reda. Kolam yang dibangun dengan anggaran Rp 320 miliar ini mampu menampung 2,7 juta meter kubik air.

"Sehingga ini bisa mengurangi banjir dari sebelumnya kurang lebih 45 persen. Sangat berfungsi sekali. Meskipun masih ada nanti kolam regulasi yang lain yang harus dibangun utamanya di daerah aliran sungai (DAS) Sungai Tallo sehingga Kota Makassar kita harapkan bisa bebas dari genangan dan banjir," kata Presiden Jokowi di lokasi peresmian Kolam Regulasi Nipa-Nipa. 

Baca Juga

Presiden Jokowi berharap keberadaan kolam regulasi ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya. 

Sementara itu, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menambahkan bahwa kolam regulasi Nipa-Nipa mampu mereduksi banjir yang setara dengan luas genangan 1.000 hektare. Ia optimistis, keberadaan kolam regulasi ini mampu menekan risiko banjir yang setiap tahunnya membayangi masyarakat Kota Makassar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement