Kamis 18 Mar 2021 14:50 WIB

Wapres Tekankan Pentingnya Pendidikan dalam Berumah Tangga 

Pendidikan juga penting bagi perempuan agar memiliki posisi tawar di rumah tangga.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha
Wakil Presiden Ma
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan pentingnya pendidikan dalam berumah tangga. Wapres menilai pendidikan menjadi kunci membangun kemampuan dan kematangan individu dalam kehidupan rumah tangga.

"Kita harus dapat membangun lingkungan dimana anak-anak kita mampu menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya sesuai dengan bakat dan kemapuannya," kata Ma'ruf saat memberi keynote speaker dalam acara Gerakan Pendewasaan Usia Perkawinan, Kamis (18/3).

Ma'ruf menekankan pendidikan yang baik juga penting bagi kaum perempuan, untuk memberikan kemampuan dan posisi tawar yang lebih besar dalam rumah tangga. Sebab, kata Ma'ruf dalam perkawinan, seringkali yang menjadi korban adalah perempuan dan anak-anak.

Bahkan dalam perkawinan tidak sehat, kedudukan perempuan menjadi sangat lemah sehingga tidak memiliki posisi tawar dalam mengelola keluarga.

Karena itu, pemerintah berupaya agar kualitas pendidikan di Indonesia terus meningkat. "Bukan hanya kualitas pendidikan yang kita perbaiki, tetapi akses masyarakat terhadap pendidikan juga terus ditingkatkan," kata Ma'ruf.

Selain itu, peran penting pendidikan juga perlu dikuatkan dengan bimbingan konseling pra nikah. Ma'ruf menilai  pendidikan dan kesadaran pasangan untuk mempersiapkan diri dalam berumah tangga adalah sangat penting sebelum menikah.

Apalagi, semakin tingginya angka perceraian di Indonesia kata Ma'ruf, membuat konseling pra nikah sangat diperlukan.

"Dalam konteks ini perlu digalakkan lagi adanya semacam kelas konseling pra nikah. Konseling pra nikah juga menjadi sangat penting terutama setelah adanya temuan semakin tingginya kasus perceraian," kata Ma'ruf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement