Pemerintah Diminta Perbaiki 37 Titik Tanggul Sungai Citarum

Red: Bilal Ramadhan

 Warga memeriksa lokasi jebolnya tanggul Sungai Citarum yang menyebabkan banjir parah, di Bekasi, Indonesia, Senin, 22 Februari 2021. Ribuan warga dievakuasi di pinggiran ibu kota Indonesia di tengah banjir, kata pejabat Senin.
Warga memeriksa lokasi jebolnya tanggul Sungai Citarum yang menyebabkan banjir parah, di Bekasi, Indonesia, Senin, 22 Februari 2021. Ribuan warga dievakuasi di pinggiran ibu kota Indonesia di tengah banjir, kata pejabat Senin. | Foto: AP/Achmad Ibrahim

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Pemerintah diminta memperbaiki 37 titik tanggul rusak di Daerah Aliran Sungai Citarum yang tersebar di delapan desa wilayah Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Kondisi kerusakannya cukup parah hingga perlu segera dilakukan perbaikan. Kami berharap pemerintah mau memperbaiki," kata Camat Pebayuran Hanief Zulkifli.

Hanief mengatakan puluhan titik tanggul yang rusak tersebut diakibatkan tingginya debit air terutama saat musim penghujan tiba. Sementara lokasi titik tanggul rusak tersebar di delapan desa antara lain Desa Sumberurip, Bantarjaya, Karangharja, Sumberreja, Sumbersari, Karanghaur, Kertasari, dan Desa Kertajaya.

Hanief juga menyebut tingkat kerusakan tanggul bervariasi mulai sepanjang satu meter hingga 20 meter di Desa Sumberurip. Sejauh ini pihaknya juga telah melaporkan semua titik kerusakan itu kepada Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) Kementerian PUPR.

"Jadi 37 titik kerusakan itu diakibatkan debit air Sungai Citarum tinggi saat musim hujan tahun 2020 dan 2021," katanya.

Hanief berharap pemerintah melakukan perbaikan secara permanen sebab kondisi tanggul-tanggul itu sudah relatif kritis sehingga diperlukan penanganan segera.

"Harus menyeluruh, karena khawatir jika tidak segera diperbaiki saat musim hujan bakal jebol. Jadi yang kritis kondisinya bukan di Desa Sumberurip saja tapi seluruh titik itu, ya mudah-mudahan tahun ini terealisasi," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Tiga Desa Masih Dilanda Banjir di Kabupaten Bekasi

PUPR Segera Bangun Jembatan Permanen di Pantura Bekasi

HUT ke-24 Kota Bekasi, Walkot Prioritaskan Atasi Banjir

Normalisasi Kali Bekasi, Pondok Gede Permai Jadi Prioritas

Pemkot Bekasi Bangun Polder Air Atasi Luapan Kali Cakung

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image