Kamis 18 Mar 2021 06:19 WIB

PSG ke Perempat Final Piala Prancis Usai Tekuk Lille 3-0

Kedua tim akan bertemu lagi pada Ligue 1 di Parc des Princes usai jeda internasional.

Pelatih PSG Mauricio Pochettino.
Foto: AP/Christophe Ena
Pelatih PSG Mauricio Pochettino.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paris Saint-Germain (PSG) melangkah ke perempat final Piala Prancis setelah Rabu (17/3) malam mendapatkan suntikan semangat besar dalam mempertahankan juara Ligue 1 dengan mengalahkan pemuncak klasemen Lille 3-0. Ini jawaban sempurna dari PSG setelah kekalahan mengejutkan di kandang sendiri oleh Nantes yang dibayangi oleh perampokan di rumah penggawa PSG Angel Di Maria dan Marquinhos ketika laga itu tengah berlangsung.

"Kami menghadapi beberapa hari terakhir yang sulit, para pemain dan keluarganya," kata pelatih PSG Mauricio Pochettino seperti dikutip AFP. "Tak ada orang yang siap menghadapi situasi semacam ini. Para pemain telah menunaikan tugasnya dengan tetap fokus, perhatian mereka luar biasa. Angel dan Marquinhos merasa baik untuk bermain."

Dalam pertemuan pertama dari dua laga kedua tim di Parc des Princes menjelang jeda internasional ini, perbedaan di antara kedua tim terletak pada kesalahan yang dilakukan para pemain Lille pada momen-momen penting.

"Selalu sama, menghadapi Paris adalah zona kebenaran yang menjadi penentu," kata gelandang Lille Benjamin Andre.

Ketika Di Maria mengirimkan umpan silang rendah ke tiang dekat pada menit kesembilan, bek Lille Tiago Djalo malah meneruskan bola yang mengecoh penjaga gawang Mike Maignan. Akibatnya Mauro Icardi tinggal memanfaatkannya untuk memasukkan ke gawang yang sudah kosong.

Icardi mengalami cedera sehingga pada menit ke-36 digantikan oleh Kylian Mbappe yang mengawali laga dari bangku cadangan. Empat menit kemudian, Mbappe bermanuver di sepanjang tepi kotak penalti Lille sampai Zeki Celik terpaksa menjatuhkan striker itu di kotak penalti. Setelah didahului protes para pemain Lille atas keputusan penalti itu, Mbappe menceploskan tendangan penalti yang masuk gawang.

Lille mencatat peluangnya sendiri ketika memenangkan penalti pada 13 menit tersisa setelah umpan silang Jeremy Pied dicegat Layvin Kurzawa namun bek PSG ini menyentuh bola dengan tangan. Lille gagal memanfaatkan kesempatan menipiskan ketertinggalan setelah Keylor Navas menangkis tendangan penalti Yusuf Yazici.

"Keylor sungguh salah satu kiper terbaik di dunia, levelnya luar biasa," puji Pochettino.

Tiga menit memasuki waktu tambahan, Djalo salah menaksir sapuan pemain PSG. Mbappe lalu datang menerkam bola, berlari menjauhi bek Lille itu untuk menciptakan gol ketiga timnya melewati adangan Maignan.

PSG, sang juara bertahan Piala Prancis, membuntuti Lille yang memuncaki klasemen Ligue 1 dengan selisih tiga poin di bawahnya. Setelah PSG melawat ke kandang Lyon pada Ahad ketika Lille menjamu Nimes, kedua tim akan bertemu lagi di Parc des Princes setelah jeda internasional pada 3 April. "Pada 3 April itu akan menjadi pendekatan lain, kompetisi lain," kata Pochettino.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement