Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Netflix Dominasi Nominasi Oscar 2021

Kamis 18 Mar 2021 04:20 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Netflix dikabarkan mengambil 35 nominasi di Oscar 2021.

Netflix dikabarkan mengambil 35 nominasi di Oscar 2021.

Foto: Netflix
Netflix dikabarkan mengambil 35 nominasi di Oscar 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Netflix siap mendominasi nominasi di Oscar pada tahun ini. Film-film yang diproduksi oleh perusahaan layanan streaming online ini disebut mengambil 35 nominasi terkemuka.

Tahun ini menjadi rekor baru bagi Netflix di ajang penghargaan film terbesar dunia tersebut. Sebelumnya, pada 2020, film-film dari layanan streaming ini berada diantara 24 nominasi, diantaranya adalah The Irishman dan Marriage Story

Baca Juga

Di Oscar 2021, Netflix mendapat 10 nominasi untuk film Mank karya David Fincher. Diantara nominasi untuk film ini adalah kategori film terbaik, serta sutradara terbaik untuk Fincer. 

Pesaing film terbaik Netflix lainnya adalah The Trial of the Chicago 7 yang meraih enam nominasi di Oscar tahun ini. Sacha Baron Cohen menjadi pemain pendukung dalam film ini sebagai seorang aktivis bernama Abbie Hoffman. 

Film Netflix lainnya termasuk The White Tiger, fitur animasi Over the Moon, dan Crip Camp, sebuah film dokumenter dari Higher Ground, perusahaan produksi yang didirikan oleh mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan sang istri Michelle. Higher Ground menandatangani kontrak dengan Netflix pada 2018 untuk memproduksi film dan acara televisi dengan dan tanpa naskah.

Netflix bernasib baik di Oscar sejak mendapatkan nominasi pertamanya pada 2014 untuk film dokumenter The Square. Namun, Netflix bukanlah satu-satunya layanan streaming yang bergembira menjadi bagian dari Academy Awards ke-93 kali ini. Amazon Studios juga menerima penghitungan nominasi Oscar tertinggi, dengan masuk ke dalam 12 kategori penghargaan. 

Amazon Studios memiliki The Sound of Metal yang menjadi enam nominasi, termasuk nominasi best picture. Sementara itu, Disney Plus juga menerima nominasi Oscar pertamanya sejak diluncurkan pada 2019.

Disney Plus meraih nominasi Oscar dengan kategori fitur animasi terbaik untuk film Onward dan Soul, serta kategori kostum dan efek visual terbaik di The One and Only Ivan.

Apple, yang terjun ke layanan streaming film lebih dari setahun yang lalu juga mendapatkan nominasi pertamanya. Perusahaan ini memiliki film yang berada diantara fitur animasi terbaik untuk Wolfwalkers dan best sound untuk Greyhound.

Banyak dari film yang ditunggangi oleh layanan-layanan streaming tersebut pada awalnya hendak menuju kesuksesan Oscar dari studio tradisional. Paramount bermaksud untuk merilis The Trial of the Chicago 7, dan Greyhound adalah rilis Sony. 

Namun, pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) mengubah rencana tersebut, di mana studio dan pembuat film terkemuka harus mencari strategi distribusi alternatif. Mereka kemudian menjual film ke Netflix dan layanan streaming lainnya untuk ditayangkan di sana.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA