Rabu 17 Mar 2021 19:54 WIB

Muhammadiyah Prediksi Awal Ramadhan Serentak Tahun Ini

Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 13 April

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 13 April. Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 13 April. Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1442 Hijriyah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal. 

"Kalau berdasarkan perhitungan, sebenarnya ada kemungkinan besar akan bareng (awal Ramadhan tahun ini akan serentak)," kata Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Rahmadi Wibowo, kepada Republika.co.id, Rabu (17/3).  

Baca Juga

Rahmadi menyampaikan, kalau dari hitung-hitungan memang prediksinya atau kemungkinannya awal Ramadhan tahun ini akan serempak. Hanya saja tetap keputusan pemerintah mengacu pada hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan.  

Kalau di Muhammadiyah ketika ketinggian hilal di atas nol derajat, maka sudah masuk awal bulan. Tapi di Kementerian Agama ketinggian hilal harus di atas 2 derajat. "Jadi yang (mungkin) nanti menyebabkan perbedaan bukan hitungannya, tetapi kriteria yang digunakannya," ujarnya. 

Rahmadi menerangkan, wujudul hilal adalah kriterianya, hisab hakiki adalah metodenya. Jadi Muhamadiyah memperhitungkan posisi bulan yang sebenarnya berdasarkan kriteria dan metode itu.  

Dia mengatakan, karena Muhammadiyah menggunakan kriteria wujudul hilal. Untuk itu ada kriteria yang harus terpenuhi. Pertama, telah terjadi ijtimak (konjungsi). Kedua, ijtimak (konjungsi) itu terjadi sebelum matahari terbenam. "Ketiga, pada saat terbenamnya matahari piringan atas bulan berada di atas ufuk atau bulan baru telah wujud," ujarnya. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1442 Hijriyah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa Wage, 13 April 2021. Kemudian menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriyah jatuh pada Kamis Wage, 13 Mei 2021. Sementara, 1 Zulhijjah 1442 Hijriyah jatuh pada Ahad Pon, 11 Juli 2021. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement