Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Data dan Fakta Chelsea Vs Atletico Madrid

Rabu 17 Mar 2021 20:14 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel (kiri) akan beradu taktik dengan pelatih Atletico Madrid Diego Simeone dalam pertandingan di Chaampions.

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel (kiri) akan beradu taktik dengan pelatih Atletico Madrid Diego Simeone dalam pertandingan di Chaampions.

Foto: DOK REPUBLIKA
Kedua tim akan bentrok dini hari nanti WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea akan menjamu Atletico Madrid dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions, di Stadion Stamford Bridge, Kamis (18/3) dini hari WIB. The Blues untuk sementara unggul agregat 1-0 berkat kemenangan di leg pertama.

Laga ini menyajikan sejumlah data dan fakta, dikutip dari laman resmi Chelsea.

 

-Kedua tim sudah bertemu delapan kali yaitu tujuh di Liga Champions dan satu laga di Piala Super Eropa. Chelsea memenangkan tiga pertandingan dan Atletico dua kemenangan sisanya berakhir imbang.

 

-Pertemuan terakhir kedua tim di sistem gugur terjadi pada semifinal musim 2013/2014. Waktu itu Atletico melaju ke final setelah bermain imbang tanpa gol di Spanyol, Chelsea kalah 3-1 di Stamford Bridge. Kali ini Chelsea punya kans besar lolos karena unggul 1-0.

 

-Pasukan Thomas Tuchel punya dia catatan kemenangan kandang terbesar di Liga Champions yaitu menang 4-0 atas Maribo di fase grup pada 21 Oktober 2014. Mereka juga menang dengan skor yang sama di fase grup melawan Qarabaq pada 12 September 2017.

 

-Sementara Atletico pernah mempunyai catatan kemenangan terbesar di kandang yaitu ketika melawan Widzew Lodz 4-1 di fase grup pada 25 September 1996. Maka dari itu, catatan kandang apik tersebut bisa juga menimpa Chelsea.

 

-Chelsea berharap bisa melaju ke perempat final untuk pertama kalinya sejak 2013/2014. Waktu itu Chelsea menyingkirkan Galatasaray dan mengalahkan PSG di perempat final sebelum kalah dari Atletico di semifinal.

Chelsea kemudian tersingkir di babak 16 besar dalam empat kesempatan terakhir. 

 

-Paris Saint-Germain (PSG) dua kali menyingkirkan Chelsea dan dua kesempatan lain disingkirkan Barcelona dan Bayern Muenchen.

 

- Chelse tak pernah tersingkir dalam fase gugur dengan siste dua leg di Eropa ketika di leg pertama meraih kemenangan. Dan mereka juga tak terkalahkan dalam empat pertandingan Liga Champions melawan tim-tim Spanyol yaitu dua kemenangan dan dua imbang. Chelsea juga berhasil menjaga clean sheet di tiga laga terakhir.

 

- Namun Chelsea tanpa kemenangan dalam lima pertandingan terakhir melawan klub Spanyol di Stamford Bridge dengan rincian tiga imbang dan dua kali kekalahan sejak kemenangan 1-0 atas Barcelona pada leg pertama semifinal Liga Champions musim 2011/2012. Mateo Kovacic dan kawan-kawan menelan delapan kekalahan dan empat kemenangan dalam 12 pertandingan sistem gugur dua leg melawan klub Spanyol.

 

- Chelsea bisa membanggakan rekornya di bawah Tuchel yang tak terkalahkan. Chelsea punya senjata Olivier Giroud di lini depan karena pemain Internasional Prancis itu mencetak rata-rata gol setiap 38 menit di Liga Champions musim ini. Rasio terbaik dalam satu musim dari pemain manapun dalam sejarah kompetisi ini. Giroud kini menduduki daftar pencetak gol terbanyak Chelsea di Eropa setelah Drogba dan Lampard.

 

- Atletico Madrid telah mencapai perempat final Liga Champions sebanyak lima dari tujuh kesempatan terakhir. Pasukan Diego Simeone mempunyai tingkat kemanuan 50 persen di Liga Champions setelah kalah di leg pertama babak sistem gugur. Mereka memenangkan dua dari 10 pertandingan tandang terakhir di Liga Champions dengan rincian enam kekalahan dan seri dua kali.

 

- Atletico menang Sembilan dari 11 pertandingan dua leg melawan tim-tim Inggris. Mereka juga kalah dalam tiga pertandingan Liga Champions melawan Chelsea.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA