Rabu 17 Mar 2021 19:33 WIB

Pemkab Garut Siapkan Rp 5 Miliar untuk Bangun Galeri UMKM

Konsumen bisa mengenal lebih dekat produk yang telah dihasilkan UMKM.

Pemkab Garut Siapkan Rp 5 Miliar untuk Bangun Galeri UMKM (ilustrasi).
Foto: CANDRA YANUARSYAH/ANTARA
Pemkab Garut Siapkan Rp 5 Miliar untuk Bangun Galeri UMKM (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat siap mengalokasikan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk kebutuhan pembangunan Galeri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai tempat yang dapat memudahkan pemasaran berbagai produk khas Garut kepada masyarakat luas.

"Galeri UMKM itu kurang lebih Rp5 miliar, karena kita akan membangun tiga lantai, itu semua dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Garut," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut Suhartono di Garut, Rabu (17/3).

Ia menuturkan pelaku UMKM di Garut membutuhkan sarana untuk memperkenalkan berbagai produk yang menjadi ciri khas dan unggulan Garut, salah satunya dengan membangun gedung Galeri UMKM di Garut.

Rencana pembangunan itu, kata dia, sesuai degan harapan Bupati Garut dilakukan secara bertahap yang ditargetkan bisa selesai dan digunakan oleh pelaku UMKM pada 2024. "Perlu kami sampaikan bahwa rencana Pak Bupati ini akan membangun satu bangunan yang dinamakan dengan Galeri UMKM," katanya.

Ia menyampaikan jajarannya sudah menyusun desain untuk pembangunan galeri tersebut, selanjutnya pada 2022 akan dibangun bentuk fisiknya dan ditargetkan 2024 sudah selesai. "Jadi tahun ini kami akan menyusun desainnya untuk pembangunan galeri tersebut, kemudian tahun 2022 sudah mulai membangun fisiknya, nah kami ingin fisik ini dua tahap supaya tidak berisiko, nah tahun 2024 ini sudah jadi," katanya.

Ia berharap Galeri UMKM memberikan manfaat bagi pelaku UMKM di Kabupaten Garut sehingga konsumen bisa mengenal lebih dekat produk yang telah dihasilkan UMKM. Ia juga berharap keberadaan galeri itu bisa menunjang kemajuan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Garut.

"Harapan kami dengan dibangunnya Galeri UMKM ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Kabupaten Garut dalam rangka mendekatkan hasil produk mereka kepada para konsumen," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement