Rabu 17 Mar 2021 18:54 WIB

Warga Depok Bentuk Kelompok Bank Sampah

Kelompok bank sampah dibentuk untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Kelompok Bank Sampah. Ilustrasi
Foto: Rumah Zakat
Kelompok Bank Sampah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pengurus Rukun Warga (RW) 13 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, membentuk kelompok bank sampah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Kelompok ini bernama Bank Sampah Unit Villa Pertiwi (BSUV) 13.

Ketua BSUV 13 Kelurahan Sukamaju, Wiyono Budi mengatakan, bank sampah ini dibentuk berdasarkan kesepakatan warga setempat. Pasalnya, di wilayah tersebut kerap tercium bau sampah karena tidak ada pemilahan sampah.

"Kami sudah buat program pemilahan sampah, ada yang organik dan anorganik. Di Bank sampah ini akan diolah sampah-sampah dari rumah tangga yang bersifat anorganik," ujar Wiyono, Selasa (16/3).

Menurut Wiyono, nasabah bank sampah ini adalah warga RT 01-10. Penimbangan sampah dilakukan setiap dua pekan, yaitu di hari Sabtu. "Minimal nasabah membawa sampah seberat satu kilogram, dan nantinya ditukarkan dengan uang. Kami akan maksimalkan keberadaan Bank Sampah untuk bantu pemerintah kelola sampah," jelasnya.

Camat Cilodong, Supomo mengatakan, banyak manfaat yang dihasilkan dari bank sampah. Terutama dalam pengolahan sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomi.

"Apresiasi tinggi untuk RW 13 Sukamaju yang telah memiliki bank sampah. Mudah-mudahan warga setempat semakin giat dalam mengolah sampah," pungkas Supomo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement