Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Internet Gratis dari Telkom Bagi 60 Desa Terpencil di Jabar

Rabu 17 Mar 2021 18:52 WIB

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

Sebanyak 60 desa di Jawa Barat (Jabar) mendapatkan akses internet gratis dari Telkom Jabar. Desa-desa tersebut, berada di daerah terpencil dan tertinggal yang tak memiliki jaringan internet. Yakni, tersebar di berbagai wilayah Jabar, termasuk di Karawang, Cirebon, Tasikmalaya, juga kawasan Jabar Selatan.

Sebanyak 60 desa di Jawa Barat (Jabar) mendapatkan akses internet gratis dari Telkom Jabar. Desa-desa tersebut, berada di daerah terpencil dan tertinggal yang tak memiliki jaringan internet. Yakni, tersebar di berbagai wilayah Jabar, termasuk di Karawang, Cirebon, Tasikmalaya, juga kawasan Jabar Selatan.

Foto: istimewa
Desa yang dipilih berdasarkan kriteria pendapatan per kapita dan populasi pelajar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Sebanyak 60 desa di Jawa Barat (Jabar) mendapatkan akses internet gratis dari Telkom Jabar. Desa-desa tersebut, berada di daerah terpencil dan tertinggal yang tak memiliki jaringan internet. Yakni, tersebar di berbagai wilayah Jabar, termasuk di Karawang, Cirebon, Tasikmalaya, juga kawasan Jabar Selatan.

Menurut Executive Vice President Telkom Regional 3 Jawa Barat, Sujito, desa-desa tersebut dipilih berdasarkan kriteria pendapatan per kapita dan populasi pelajar. Selain itu juga desa yang memenuhi kriteria  3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

“Desa yang dipilih adalah yang pendapatan per kapitanya terbatas, penghasilan masyarakatnya sebagian besar tidak mencukupi, tapi dengan kebutuhan internet untuk belajar yang cukup masif,” ujar Sujito kepada wartawan, Rabu (17/3).

Di desa-desa tersebut, kata dia, Telkom menyediakan titik hot spot yang bisa diakses masyarakat secara gratis. Selain itu juga disediakan Indihome Study, ruang belajar virtual untuk SD sampai SMA, juga gratis.

“Ini adalah bentuk dukungan Telkom untuk masyarakat Jabar yang tidak mampu agar bisa tetap mengakses pendidikan secara merata, khususnya secara virtual, di masa pandemi ini,” papar Sujito.

Seperti diketahui, hingga saat ini sebagian besar pelajar di Indonesia masih menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kondisi ini membuat kebutuhan internet meningkat untuk menunjang kebutuhan belajar mengajar.

Sementara itu, Maret-April ini Telkom Jabar akan menggelar IndiHome DigiBike 2021. Selain sebagai wujud apresiasi untuk pelanggan IndiHome di Jabar, kegiatan ini juga digelar untuk mengajak masyarakat tetap menjaga kesehatan dan kebugaran selama pandemic Covid-19.

“Ini adalah upaya Telkom Regional 3 Jabar mengajak para pecinta sepeda di Jabar untuk tetap aktif dan menjalankan pola hidup sehat melalui melalui kegiatan virtual riding IndiHome DigiBike Jabar 2021,” katanya.

IndiHome DigiBike Jabar 2021 ini dibagi menjadi 2 (dua) kategori jarak tempuh yaitu Sport (100 Km) dan Fun (50 Km). Penyelenggaraannya dibatasi di wilayah Telkom Regional 3 Jawa Barat (diluar Bogor, Depok, dan Bekasi).

“Untuk kategori Sport, akan dilombakan dan dipilih 3 (tiga) peserta terbaik berhadiah jutaan rupiah. Selain itu, peserta dari kedua kategori juga bisa mengikuti photo contest dengan banyak doorprize menarik,” katanya.

Dalam ajang lomba sepeda virtual ini peserta bisa mengikuti lomba di tempat yang berbeda di wilayah Jabar. Pendaftaran dimulai tanggal 18 – 28 Maret 2021 melalui website https://indihomedigibike.com/, sementara IndiHome DigiBike Jabar 2021 sendiri akan berlangsung selama 2 pekan.

“Event ini sekaligus mengajak pecinta sepeda untuk bersama-sama melakukan gaya hidup aktif melalui olah raga sepeda, baik di dalam maupun di luar ruangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait physical distancing demi mengurangi risiko penularan Covid-19,” paparnya.

Selain itu, Telkom juga berharap dapat membentuk dan membangun komunitas sepeda dalam komunitas Sobat IndiHome dan memberikan manfaat kepada komunitas sepeda sebagai influencer IndiHome. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA