Rabu 17 Mar 2021 17:16 WIB

Tinggalkan Baterai Asal Korsel, EV Volkswagen Pakai Ini

80 persen dari mobil EV generasi pasca 2025 akan menggunakan baterai prismatik

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Volkswagen ID.3 mobil kompak listrik
Foto: volkswagen.co.uk
Volkswagen ID.3 mobil kompak listrik

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT--Volkswagen AG memutuskan untuk tidak menggunakan baterai Korea Selatan untuk produksi baru mobil listriknya atau electric vehicle (EV). Rencana ini diputuskan beberapa hari sebelum pembuat mobil Jerman itu mengadakan acara untuk mengumumkan peningkatan besar dalam produksi kendaraan listriknya.

Keputusan produsen mobil terbesar kedua di dunia untuk memindahkan sebagian besar mobilnya ke sel baterai yang berbeda dalam dua tahun, telah mengejutkan LG Energy Solution dan SK Innovation."Bukan rutinitas bisnis sehari-hari kami untuk mendapatkan pemberitahuan sepihak dari mitra, orang-orang tampaknya cukup khawatir," kata salah satu sumber.

Pergeseran Volkswagen ke baterai prismatik terpadu yang baru, jauh dari gaya kantong yang diproduksi oleh LG dan SK, kemungkinan akan menjadi pukulan besar. Hal ini mengingat kedua perusahaan Korsel tersebut telah menginvestasikan miliaran di lokasi produksi baterai pouch di Amerika Serikat, Eropa dan Asia.

Pergeseran ini juga menimbulkan kekhawatiran di antara pemasok baterai bahwa perlombaan oleh produsen mobil untuk memenuhi permintaan EV yang terus meningkat dalam lingkungan teknologi yang berubah dengan cepat dapat membuat mereka tertinggal hanya dalam semalam."Pengumuman Volkswagen hanyalah awal dari persaingan di pasar EV, menandakan bahwa investasi besar akan dilakukan secara kompetitif di masa depan," kata Lee Jae-il, analis di Eugene Investment & Securities.

Volkswagen berada di bawah tekanan kuat untuk memangkas biaya baterai, memperkuat posisinya di China, dan berupaya lebih kuat bersaing dengan Tesla Inc. 

Kontemporer Amperex Technology Co Ltd (CATL) China, kabarnya sudah memasok Volkswagen dan Tesla membuat baterai prismatik, teknologi yang disukai kendaraan Volkswagen masa depan.

Thomas Schmall, anggota dewan Volkswagen yang bertanggung jawab atas teknologi, mengatakan minggu ini perusahaan akan mempertahankan kontraknya saat ini.

Schmall menambahkan bahwa 80 persen dari mobil EV generasi pasca 2025 akan menggunakan baterai prismatik. Schmall tidak merinci teknologi baterai untuk sisa 20 persen.

Ia mengatakan tidak akan menjadi masalah besar bagi pemasok baterai untuk beralih ke produksi sel prismatik, meskipun analis menyarankan hal itu akan membutuhkan investasi ulang yang signifikan dan waktu untuk merombak pabrik.

SK, yang telah mengumumkan kontrak pada 2018 untuk memasok Volkswagen dengan baterai pouch tetapi belum mulai melakukannya, mengatakan saat ini tidak memiliki rencana untuk memproduksi baterai prismatik. Perusahaan ini memasok baterai pouch ke Hyundai Motor dan perusahaan saudaranya, Kia.

LG, yang membuat baterai prismatik tetapi hanya untuk barang-barang yang lebih kecil seperti laptop, menolak berkomentar apakah akan memperluas produksi itu ke baterai EV.  Volkswagen adalah salah satu klien terbesar LG untuk baterai pouch, tetapi tetap mempertahankan Tesla, General Motors, dan Hyundai Motor. LG membangun baterai silinder untuk Tesla.

 

 

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement