Rabu 17 Mar 2021 17:00 WIB

Lansia di Kota Bogor Divaksinasi Secara Drive Thru

Petugas kesehatan menghampiri lansia ke mobil.

Lansia di Kota Bogor Divaksinasi Secara Drive Thru. Antrean mobil untuk vaksinasi lansia secara drive thru di GOR Pajajaran Kota Bogor, Rabu (17/3).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Lansia di Kota Bogor Divaksinasi Secara Drive Thru. Antrean mobil untuk vaksinasi lansia secara drive thru di GOR Pajajaran Kota Bogor, Rabu (17/3).

IHRAM.CO.ID, BOGOR -- Dinas Kesehatan Kota Bogor Provinsi Jawa Barat melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada 300 orang usia lanjut (lansia) dengan pola drive thru atau tidak turun dari kendaraan di GOR Pajajaran, Rabu (17/3).

Dinas Kesehatan menyediakan empat meja dan beberapa tenaga kesehatan di setiap meja. Meja pertama adalah bagian pendataan, yakni petugas mendata lansia yang akan menjalani vaksinasi berdasarkan formulir yang telah disiapkan.

Baca Juga

Lansia yang didata tetap berada di mobil. Petugas kesehatan yang menghampiri lansia ke mobil.

Meja kedua adalah skrining, yakni pemeriksaan kesehatan awal, termasuk pengukuran tensi dan denyut jantung. "Lansia dengan komorbid yang terkontrol meskipun tensinya sampai 170, masih bisa divaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno.

Kemudian, pada meja ketiga dan keempat adalah penyuntikan. Lansia yang dinyatakan bisa divaksinasi pada meja kedua, kemudian disuntik vaksin di meja ketiga dan keempat.

Wali Kota Bogor Bima Arya menyempatkan diri mengunjungi pelaksanaan vaksinasi untuk lansia di GOR Pajajaran. Pada kesempatan tersebut, Bima sempat berdialog dengan beberapa lansia yang divaksinasi.

Bima juga menyampaikan doa agar para lansia selalu sehat. Menurut Retno, pelaksanaan vaksinasi kepada lansia dengan pola drive thru pada hari ini adalah hari pertama dari beberapa hari yang dijadwalkan.

"Pada hari ini dijadwalkan vaksinasi untuk 300 lansia. Besok dan hari berikutnya, dijadwalkan 600 lansia per hari," katanya.

Dinas Kesehatan juga menjadwalkan melaksanakan vaksinasi untuk lansia di 25 fasilitas pelayanan kesehatan, yakni rumah sakit dan puskesmas. "Kami menjadwalkan melaksanakan vaksinasi kepada sekitar 1.500 orang sasaran per hari," katanya.

Menurut Retno, Dinas Kesehatan menyediakan vaksin untuk sekitar 22.000 orang pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua dari 61.178 lansia yang terdaftar di Dinas Kesehatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement