Rabu 17 Mar 2021 16:39 WIB

Lodewijk: Airlangga Masih Fokus Selesaikan Tugas Negara

Lodewijk menilai momentum aspirasi tersebut kurang pas saat ini.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah
Sekjen Golkar, Lodewijk F Paulus
Foto: Republika TV/Surya Dinata
Sekjen Golkar, Lodewijk F Paulus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk F Paulus merespons adanya dorongan dari sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar yang meminta agar Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.  Ia memahami adanya wacana tersebut. Namun menurutnya saat ini Airlangga masih fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

"Sebenarnya (aspirasi DPD) kita terima tapi kita tidak langsung seakan-seakan kita mencalonkan Pak Airlangga sebagai itu (capres), belum. Biarlah beri kesempatan beri ruang kepada Pak Airlangga  untuk konsentrasi pada tugas-tugas kenegaraan yang beliau emban sekarang yang dipercayakan kepada beliau," kata Lodewijk kepada Republika.co.id, Rabu (17/3).

Baca Juga

Ia menilai momentum aspirasi tersebut kurang pas saat ini lantaran Airlangga tengah berkonsentrasi menyelesaikan persoalan ekonomi dan covid di Indonesia. Di sisi lain, berdasarkan sejumlah survei, elektabilitas Airlangga masih belum menyentuh lima besar capres 2024. Menanggapi itu, Lodewijk mengatakan bahwa sampai saat ini Golkar belum bergerak sehingga wajar jika elektabilitas Airlangga belum terlalu terlihat. 

"Kalau tandanya Pak Airlangga masih seperti itu memang kita belum berbuat bagaimana berupaya (mendongkrak elektabilitas) itu karena memang partai DPP masih konsen memberikan ruang dan waktu Pak Airlangga menyelesaikan menuntaskan tugas negara ini," ujarnya.

Sebelumnya sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar meminta agar Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden (capres) pada 2024 mendatang. Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily mengatakan bahwa Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang menjadi ajang yang sangat penting bagi Partai Golkar untuk merebut kembali kejayaan Partai Golkar.

"Kita memiliki waktu 3,5 tahun ke depan untuk mempersiapkan calon Presiden dari Partai Golkar dengan bekerja menaikan popularitas dan elektabilitas kader terbaik Partai Golkar, Ketua Umum Pak Airlangga Hartarto untuk menjadi Calon Presiden RI," kata Ace kepada Republika.co.id, Rabu (17/3). 

Menurutnya suatu kebanggaan bagi Partai Golkar jika ada kadernya yang menjadi Presiden. Hal itu juga telah menjadi keputusan Munas Partai Golkar tahun 2019. "Bagi kami mencalonkan kader sendiri tentu merupakan bagian dari perjuangan Partai Golkar," ucapnya. 

Dukungan serupa juga disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Barat, Khairunas. Ia menyebut bahwa dukungan terhadap Airlangga sebagai capres disampaikan oleh kader di tingkat bawah. "Beliau adalah kader dan ketua umum golkar itu aspirasi dari bawah," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement