Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Menhub Minta Keselamatan Transportasi Ditingkatkan 

Rabu 17 Mar 2021 16:50 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus Yulianto

Keselamatan merupakan muara utama dalam sebuah penyelenggaraan transportasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta keselamatan transportasi ditingkatkan. Dia mendorong mendorong para pelaku di sektor transportasi untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi. 

“Keselamatan merupakan muara utama dalam sebuah penyelenggaraan transportasi," kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (17/3). 

Untuk itu, Budi menilai, perlu langkah, komitmen, dan kolaborasi yang baik antar pemangku kepentingan untuk mewujudkan kemajuan. Begitu juga untuk peningkatan keselamatan transportasi di Indonesia.

Dia meminta, jajarannya untuk selalu konsisten mengedepankan keselamatan. Khususnya, dalam setiap pelaksanaan tugas melayani masyarakat serta menjadi pelopor keselamatan bertransportasi. 

Sementara itu, Sesjen Kemenhub Djoko Sasono mengatakan kampanye keselamatan merupakan bagian dari upaya Kemenhub untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga aspek keselamatan dalam bertransportasi.“Semua orang butuh selamat. Maka kita semua harus komit untuk menjaga keselamatan diri kita dan orang lain. Untuk itu Kemenhub perlu mengawal untuk itu,” ujar Djoko. 

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menambahkan, semua pihak memiliki peran penting untuk menjaga keselamatan. "Misalnya, para pemilik hotel atau tempat wisata bisa menyediakan tempat yang layak bagi para pengemudi bus untuk beristirahat. Karena banyak kecelakaan yang disebabkan karena kelelahan pengemudi,” ungkap Soerjanto.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA