Rabu 17 Mar 2021 14:20 WIB

Sering Rontok? Ini Cara Alami Tumbuhkan Rambut Lebih Cepat

Rambut rata-rata tumbuh enam inci atau 15 sentimeter dalam setahun.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Dengan memanfaatkan cara-cara alami, seseorang bisa menumbuhkan rambut lebih cepat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Dengan memanfaatkan cara-cara alami, seseorang bisa menumbuhkan rambut lebih cepat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah faktor yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Dengan memanfaatkan cara-cara alami, seseorang bisa menumbuhkan rambut lebih cepat atau memperlambat kerontokan rambut yang lazim terjadi.

Akademi Dermatologi Amerika (AAD) menyebutkan, rambut rata-rata tumbuh enam inci atau 15 sentimeter dalam setahun. The Trichological Society yang berbasis di Inggris menginformasikan, rambut tumbuh 0,5 sampai 1,7 sentimeter per bulan.

Beberapa faktor bawaan terkait kesehatan rambut yang tak bisa dikendalikan adalah genetik, usia, hormon, serta gender. Sementara, faktor lain bisa dikendalikan seperti gaya hidup sehat dan mengasup makanan dengan nutrisi seimbang.

Cara lain yang mendukung kesehatan rambut yaitu memperhatikan produk perawatan yang digunakan dan pemakaian suplemen vitamin. Secara umum, berikut sejumlah cara agar rambut lebih sehat, dikutip dari laman Medical News Today, Rabu (17/3):

1. Perbanyak protein

Rambut kusut atau yang pertumbuhannya lambat bisa menjadi gejala defisiensi nutrisi. Begitu juga kerontokan dalam jumlah masif yang salah satu pemicunya adalah kondisi telogen effluvium (TE) akibat tubuh dan rambut yang kekurangan protein.

Salah satu kandungan penting untuk pertumbuhan rambut adalah cysteine yang termasuk asam amino. Ini bisa didapat dengan menyantap keju cottage, yogurt, ikan, unggas, kedelai, kacang-kacangan, biji labu, biji bunga matahari, serta gandum utuh.

2. Asupan vitamin

Paparan studi 2016, mengaitkan rambut rontok dengan kurangnya asupan vitamin B2 atau riboflavin. Sebagai pencegahan, bisa dengan mengonsumsi sumber makanan vitamin B2 seperti telur, sayuran hijau, sereal terfortifikasi, dan roti.

Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NIH) juga menyarankan asupan vitamin B7 atau biotin untuk mencegah penipisan rambut. Vitamin B7 bisa didapat dengan makan salmon, ubi, biji bunga matahari, kacang almond, bayam, serta brokoli.

3. Santapan kaya asam folat

Tubuh yang kekurangan asam folat berpotensi memengaruhi kilau serta warna rambut. Agar kilau dan warna rambut terjaga, dapatkan folat yang secara alami terkandung dalam sejumlah makanan, seperti asparagus, bayam, tauge, jeruk, dan kacang merah.

4. Produk kafein

Tinjauan komprehensif pada 2019 mengungkap sederet manfaat kafein. Fungsinya mempercepat pembagian sel, mempromosikan pemanjangan batang rambut, dan meningkatkan insulin yang mendukung pertumbuhan rambut.

Folikel rambut perempuan diketahui lebih sensitif terhadap kafein. Sampo kafein juga disebut dapat mengurangi jumlah rambut yang rontok saat menyisir rambut dan memperlambat kerontokan, namun data kuantitatif untuk poin ini dianggap kurang.

5. Minyak esensial

Berbagai studi beberapa tahun terakhir membuktikan manfaat minyak esensial untuk pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Beberapa di antaranya adalah minyak esensial peppermint, lavender, rosemary, dan sandalwood alias cendana.

6. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala bisa menekan stres, sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut. Menurut studi 2016, pijat kulit kepala selama empat menit setiap hari berturut-turut dalam 24 pekan membuat sekelompok pria Jepang punya rambut lebih tebal dan sehat.

7. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok memperlambat sirkulasi darah sehingga folikel rambut tidak mendapat nutrisi optimal. Studi 2020 mengungkap, perokok cenderung mengalami penipisan rambut dan lebih cepat beruban dibandingkan peserta studi yang tidak merokok.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement