Kamis 18 Mar 2021 02:45 WIB

Kominfo Pastikan Infrastuktur Digital Dukung Tempat Wisata

Dukungan infrastruktur digital jadi hal utama membangun destinasi wisata

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Tangkapan layar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tangkapan layar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendukung penuh pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata (GBB) di Indonesia. Saat ini, dukungan Kementerian Kominfo berupa deployment pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan digital di seluruh pelosok tanah air di destinasi wisata penting Indonesia.

“Lima destinasi super prioritas, plus tambahan lima destinasi prioritas lainnya," kata Johnny dalam keterangan persnya, Selasa (16/3).

Johnny mengatakan, infrastruktur telekomunikasi maupun digital dibangun baik oleh Kominfo khusus wilayah 3T (terluar, tertinggal, terdepan) maupun operator seluler untuk wilayah-wilayah komersial. Saat ini masih banyak desa atau kelurahan belum tersedia 4G sinyal coverage.

Karena itu, sejak 2021 hingga tahun 2022 akan dilakukan massive infrastructure deployment untuk Information and Communication Technology (ICT). Selain menghadirkan dukungan infrastruktur digital, Johnny menyatakan Kementerian Kominfo telah membuat model prototype Aplikasi Jaringan Pariwisata Hub (JPHub) sebagai aplikasi tunggal untuk integrasi destinasi pariwisata dan UMKM serta Ultra Mikro (UMi) Indonesia.

“Mudah-mudahan, JPHub ini bisa berfungsi dengan baik dan dimanfaatkan secara optimal, secara maksimal, untuk kepentingan kepariwisataan dan pembangunan ekonomi, baik itu Ultra Mikro maupun UMKM nya itu sendiri,” kata Johnny.

Johnny memastikan Kominfo memberi pendampingan terhadap UMKM dan Ultra Mikro (UMi), kelompok-kelompok sadar wisata, dan desa-desa wisata untuk memaksimalkan peluang dari teknologi digital. Ia mengatakan hal itu dilakukan di berbagai program dukungan untuk pengembangan sektor-sektor tersebut.

Langkah ini kata Johnny, sebagai inisiasi kerja sama dengan berbagai platform belanja online di dalam maupun luar negeri untuk turut bangga dan memasarkan produk-produk UMKM karya anak bangsa.

“Kami tentu titipkan betul bahwa dimana ruang digital menjadi tulang punggung kita bersama, tulang punggung perekonomian, kita harapkan bahwa ruang digital ekonomi kita diisi oleh hasil produksi anak-anak bangsa sendiri. Jangan sampai ruang digital kita dimanfaatkan hanya oleh pihak-pihak asing dan melupakan produksi produk dan pasar kita sendiri di dalam negeri,” katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan dukungan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah hal utama untuk membangun destinasi super prioritas. Karena itu, dalam rapat bersama Kementerian Parekraf dan Kementerian Komunikasi dan Informatika disepakati kerja sama program TIK di daerah pariwisata.

"Bagaimana kita sekarang melihat TIK bukan lagi infrastruktur tambahan tapi infrastruktur utama, karena begitu kita mendarat di 5 destinasi super prioritas, kita akan nyalakan smarfphone kita atau HP kita dan kita akan sangat bergantung terhadap coverage signal," kata Sandiaga dalam konferensi pers bersama Menkominfo Johnny G Plate, Senin (18/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement