Rabu 17 Mar 2021 13:16 WIB

Lansia di Kota Bogor Mulai Terima Vaksin Covid-19 Hari Ini

Pos layanan vaksinasi drive thru dilakukan hingga 3 bulan ke depan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Friska Yolandha
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto meninjau penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap lansia di GOR Pajajaran Kota Bogor, yang dilaksanakan secara drive thru, Rabu (17/3)
Foto: Istimewa
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto meninjau penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap lansia di GOR Pajajaran Kota Bogor, yang dilaksanakan secara drive thru, Rabu (17/3)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia (lansia) di Kota Bogor dimulai hari ini, Rabu (17/3). Selain di fasilitas kesehatan, penyuntikan vaksin untuk lansia juga diberikan dengan sistem lantu tur atau drive thru di kawasan GOR Pajajaran, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Pantauan Republika.co.id di lokasi, puluhan mobil dan motor sudah mengantre di lingkar GOR Pajajaran. Sebelum menerima vaksin, para penerima vaksin terlebih dahulu dilakukan validasi data oleh tim kesehatan secara online melalui aplikasi Halodoc yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

Baca Juga

Setelah itu, kendaraan kemudian melaju ke meja selanjutnya untuk proses skrining atau pengecekan kesehatan. Ketika dinyatakan lolos, penerima baru bisa disuntik di meja penyuntikan.

Sama seperti vaksinasi pada umumnya, para lansia juga diminta untuk melakukan observasi selama 30 menit di dalam mobil masing-masing. Dari proses validasi hingga observasi selesai, setiap orang setidaknya memakan waktu sekitar 45 menit.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, program vaksinasi Covid-19 lansia di Kota Bogor secara drive thru ini merupakan  kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Gojek dan Halodoc. Rencananya, pos pelayanan drive thru tersebut bakal dilakukan hingga tiga bulan ke depan.

Baca juga : In Picture: Vaksinasi Drive Thru di Arcamanik Sport Center Kota Bandung

"Untuk pos pelayanan program vaksinasi covid-19 lansia di Kota Bogor ini, bakal terus dilakukan hingga tiga bulan kedepan. Dengan dosis hariannya mencapai 600 dosis perhari, dengan sasaran 61 ribu lansia," katanya Bima Arya, Rabu. 

Dirinya mengaku turut mengapresiasi dukungan Halodoc dan Gojek dalam membantu mensukseskan program vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor. 

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan dampak positif bagi penanganan Covid-19 di Kota Bogor," tuturnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, selain dilaksanakan secara drive thru di GOR Pajajaran, Pemkot Bogor melalui Dinkes Kota Bogor juga menyiapkan puluhan fasilitas layanan kesehatan. Di antaranya, 25 puskesmas berbasis wilayah, dan 15 rumah sakit yang bisa menerima pelayanan vaksin untuk lansia. 

“Kita juga akan buat yang massal untuk komunitas. Ini sebagai upaya percepatan capaian vaksinasi,” kata Retno.

Sementara itu, salah seorang perserta vaksinasi drive thru, Purwana mengaku senang bisa mendapat vaksin Covid-19. Sebelumnya, Purwana telah mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Halodoc. Dari sana, Purwana mendapat jadwal pelaksanaan vaksinasi hari ini pukul 10.00 WIB.

Baca juga : Ahli Waris Tanah akan Gugat Pembongkaran Tembok di Ciledug

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement