Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Empat Manfaat Bersedekah

Rabu 17 Mar 2021 12:33 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Sedekah

Ilustrasi Sedekah

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ada banyak manfaat yang akan dirasakan ketika bersedekah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sedekah merupakan salah satu amal yang patut dilakukan oleh umat Islam karena ada banyak manfaat yang akan dirasakan. Berikut empat manfaat dari sedekah yang dirasakan baik di kehidupan dunia maupun di akhirat seperti dilansir About Islam, Rabu (17/3):

1. Sedekah tidak mengurangi kekayaan
Jangan takut kekayaan Anda akan berkurang jika terus bersedekah. Uang atau sesuatu yang kita sedekahkan tidak terduga akan dikembalikan bahkan dilipatgandakan oleh Allah. Rasulullah bersabda, “Tidak ada satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’ dan yang lainnya berkata ‘Ya Allah hancurkanlah (harta) orang yang kikir,” (HR Bukhari dan Muslim).

Saat di akhirat nanti, kita dikumpulkan oleh Allah tanpa kekayaan sepeser pun. Salah satu yang menyelamatkan kita ketika menghadap Allah saat hari penghakiman adalah amalan perbuatan kita. Allah berfirman dalam surat al-Hadid ayat 7:

اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَاَنْفِقُوْا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُّسْتَخْلَفِيْنَ فِيْهِۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَنْفَقُوْا لَهُمْ اَجْرٌ كَبِيْرٌ

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah (di jalan Allah) sebagian dari harta yang Dia telah menjadikan kamu sebagai penguasanya (amanah). Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (hartanya di jalan Allah) memperoleh pahala yang besar.”

2. Sedekah adalah investasi paling baik
Bersedekah bisa menjadi investasi paling baik yang akan menciptakan lingkungan adil dan harmonis. Hal ini bisa mengacu pada peristiwa para pendatang (Muhajireen) yang bermigrasi menuju Madinah. Kaum Ansar membantu para pendatang di Madinah sehingga mereka bersama-sama dapat membangun masyarakat yang sukses dan sejahtera.

Di akhirat nanti, Allah akan menjanjikan pengembalian harta atas investasi amal yang dilakukan di dunia. Sebagaimana Allah berfirman dalam surat al-Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA