Rabu 17 Mar 2021 03:20 WIB

Lippi Buka Peluang Kembali ke Napoli

Buat Lippi, Napoli bukanlah klub yang asing.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Marcelo Lippi
Marcelo Lippi

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Mantan pelatih timnas Italia, Marcelo Lippi, disebut siap kembali berkiprah di Napoli.

Namun, Lippi tidak diplot sebagai pengganti Gennaro Gatusso di kursi pelatih i Partenopei, melainkan duduk sebagai Direktur Teknik tim asal Naples tersebut.

Buat Lippi, Napoli bukanlah klub yang asing. Sebelum merenda kesuksesan bersama Juventus pada dekade akhir 90an, eks pelatih Inter Milan itu mampu menyedot perhatian publik Italia kala mengantarkan Napoli finish di peringkat keenam Liga Italia dan berhak tampil di pentas Piala UEFA pada musim 1993/1994.

Kiprah apik Lippi di Napoli itu membuat Juventus memboyongnya ke Turin pada awal musim 1994/1995. Pada kesempatan pertamanya membesut I Bianconeri, Lippi berhasil mempersembahkan tiga titel Scudetto, satu trofi Coppa Italia, dan satu gelar juara Liga Champions.

Kiprah mantan pelatih berusia 72 tahun itu pun berlanjut di timnas Italia. Lippi berhasil membawa Gli Azzurri menjadi yang terbaik di gelaran Piala Dunia 2016.

Setelah sempat membesut klub asal Cina, Guanzhou Evergrande, dan menangani timnas Cina, Lippi akhirnya memutuskan pensiun sebagai pelatih pada Oktober 2020 silam.

Kini, Lippi dikabarkan tengah didekati oleh Napoli untuk duduk sebagai Direktur Teknik tim utama I Partenopei. Anak Lippi, Davide Lippi, pun mengungkapkan, sang ayah akan mempertimbangkan tawaran dari I Partenopei tersebut.

Namun, hingga saat ini, pihak Lippi belum menerima penawaran apapun dari manajemen Napoli.

''Dia tidak akan keberatan menerima jabatan itu. Jika kami menerima tawaran tersebut, maka kami akan mempertimbangkannya. Namun, hingga saat ini, belum ada tawaran yang konkret. Belum ada kontak apapun antara kami dengan Napoli,'' kata Davide Lippi kepada Radio Kiss Kiss seperti dikutip Football Italia, Rabu (17/3).

Ini sebenarnya bukan kali pertama Lippi dikabarkan bakal menduduki jabatan sebagai Direktur Teknik sebuah tim. Tidak tanggung-tanggung, Lippi sempat disebut-sebut bakal ditunjuk sebagai Direktur Teknik Timnas Italia, mulai dari level junior, tim sepak bola wanita, hingga tim senior.

Rumor ini mencuat pasca pertemuan antara Lippi dengan Presiden FIGC, Gabriel Gravina, pada pertengahan tahun lalu. Namun, hingga kini, belum ada kejelasan terkait rencana penunjukan Lippi sebagai Direktur Teknik Timnas Italia tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement