Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Ini Alasan Pelatih Swedia Panggil Ibrahimovic

Rabu 17 Mar 2021 01:23 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic di tribun penonton pada pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AC Milan dan SSC Napoli di stadion Giuseppe Meazza di Milan, Italia, 14 Maret 2021.

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic di tribun penonton pada pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AC Milan dan SSC Napoli di stadion Giuseppe Meazza di Milan, Italia, 14 Maret 2021.

Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Ini menjadi kesempatan kedua buat Ibrahimovic membela timnas Swedia.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, secara resmi bakal kembali memperkuat timnas Swedia. Striker berusia 39 tahun itu disertakan oleh pelatih timnas Swedia, Jann Anderson, dalam skuat Swedia yang bakal melakoni dua laga penyisihan Grup B babak kualifikasi Piala Dunia 2022, akhir bulan mendatang.

Ini menjadi kesempatan kedua buat Ibrahimovic membela timnas Swedia. Sebelumnya, top skorer sepanjang masa timnas Swedia itu telah pensiun dari timnas Swedia pada 2016 silam tersebut.

Sejak memulai debutnya pada 2001 hingga akhirnya pensiun pada 2016, Ibrahimovic berhasil mencetak 62 gol dari 116 caps bersama timnas senior Swedia.

Sebenarnya, Ibrahimovic sempat menyatakan keinginannya untuk kembali memperkuat Swedia di gelaran Piala Dunia 2018. Namun, pada saat itu, Anderson enggan mengabulkan keinginan mantan penyerang Inter Milan dan Manchester United tersebut.

Kini, Anderson berubah pikiran dan menyertakan Ibrahimovic di skuat timnas Belgia. Andersson mengaku telah melakukan pembicaraan dengan Ibrahimovic sejak November silam terkait rencananya memanggil kembali Ibrahimovic.

Kendati saat ini Ibrahimovic tengah mengalami cedera, Anderson yakin, eks penyerang Barcelona itu sudah bisa tampil bersama timnas Swedia.

''Kami melakukan pembicaraan yang luar biasa pada November silam. Saat ini, dia mungkin tengah cedera, tapi saya yakin, dia bisa pulih tepat waktu. Akhirnya saya memutuskan untuk menyertakannya. Saya senang, dia sudah bersama tim ini,'' tutur Andersson seperti dilansir Football Italia, Rabu (17/3).

Rencananya, Ibrahimovic akan disertakan di timnas Swedia saat menghadapi Georgia dan Kosovo pada 25 dan 28 Maret mendatang. Namun, Andersson tidak menutup kemungkinan untuk kembali memanggil Ibrahimovic kala Swedia tampil di putaran final Piala Eropa 2020, Juni-Juli mendatang.

Di putaran final Piala Eropa, Swedia bergabung di Grup E bersama Spanyol, Polandia, dan Slovakia.

''Karena dia sudah berada dalam tim ini, maka dia akan menjadi bagian penting di tim ini di Piala Eropa 2020. Dia berkata ingin kembali. Jadi, dia akan terlibat dalam kiprah tim ini di Piala Eropa 2020,'' kata pelatih berusia 58 tahun tersebut.

Secara khusus, Andersson menyebut, dengan segala kemampuan teknik yang dimilikinya, Ibrahimovic masih menjadi salah satu penyerang terbaik di dunia saat ini. Tidak hanya itu, eks penyerang Barcelona itu memiliki pengalaman dan dinilai bisa menjadi pemimpin di timnas Swedia.

''Dia berada di sini karena kemampuannya. Dia masih menjadi salah satu penyerang terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Dia akan memberikan kontribusi posisif buat tim ini, terutama dengan pengalaman dan kemampuan tekniknya,'' kata Andersson seperti dilansir SVT.se, Rabu (17/3).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA