Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Sebelum Lepas Lloris, Spurs Ingin Amankan Henderson

Selasa 16 Mar 2021 21:36 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Penjaga gawang Manchester United Dean Henderson.

Penjaga gawang Manchester United Dean Henderson.

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Manchester United tentu tidak mau begitu saja melepaskan salah satu asetnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur tidak mau buru-buru melepas penjaga gawang asal Prancis, Hugo Lloris. Spurs dikabarkan siap melepas Lloris apabila telah mendapatkan lampu hijau dari Manchester United (MU) terkait kemungkinan perekrutan penjaga gawang asal Inggris, Dean Henderson.

Nantinya, penjaga gawang berusia 24 tahun itu akan diplot menjadi pengganti Lloris sebagai pilihan utama di bawah mistar gawang the Lillywhites.

''Spurs rela melepas Lloris dan berniat menggantikannya dengan Henderson. Jika United memberikan lampu hijau dalam perekrutan Henderson, maka Spurs akan bergerak cepat seraya menyetujui kepindahan Lloris ke Paris Saint Germain (PSG),'' tulis laporan The Times, Selasa (15/3).

Sebelumnya, Lloris santer dikabarkan bakal bereuni dengan mantan pelatih Spurs, Mauricio Pochettino, yang kini dipercaya menangani PSG. Kedekatan Pochettino dengan kiper berusia 35 tahun itu dinilai bakal memuluskan kepindahan Lloris ke Les Parissien.

Tidak hanya itu, Lloris pun dikabarkan siap mengakhiri kiprahnya di Inggris dan kembali ke tanah kelahirannya, Prancis. Pilihan untuk bergabung bersama PSG dinilai menjadi langkah yang masuk akal buat eks penjaga gawang Lyon tersebut. Saat ini, kontrak Lloris bersama Spurs akan berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang atau pada akhir musim depan.

Namun, dengan adanya kabar ketertarikan terhadap dirinya, Lloris disebut-sebut bakal menolak rencana perpanjangan kontrak dari the Lillywhites. Di sisi lain, Spurs tentu tidak mau kehilangan Lloris dengan status free transfer begitu kontraknya berakhir pada musim depan.

Karena itu, Spurs mulai membuka kemungkinan melepas Lloris pada jendela bursa transfer musim panas mendatang. Kendati begitu, tim asal London Utara itu mesti menemukan calon pengganti Lloris sebelum benar-benar melepas kiper yang mengantarkan Prancis merengkuh titel Piala Dunia 2018 tersebut.

Bidikan Spurs akhirnya tertuju pada Dean Henderson. Meski tampil sebagai pelapis David de Gea di tim utama United, performa Henderson dinilai tidak terlalu mengecewakan. Dipercaya merumput di 17 laga di semua ajang pada musim ini, Henderson mencatatkan 11 kali clean sheet.

Namun, berkaca dari performa apik Henderson itu, United tentu tidak mau begitu saja melepaskan salah satu asetnya tersebut. Terlebih, performa apik Henderson kala melakoni masa peminjaman selama dua musim di Sheffield United membuat manajemen United menyertakannya di tim utama pada musim ini.

Bahkan, pada Agustus 2020, Henderson diikat kontrak dengan durasi selama lima tahun atau baru berakhir pada 2025 mendatang. Berdasarkan data Transfermarkt, Henderson dibanderol dengan nilai transfer sebesar 20 juta euro. Spurs setidaknya mesti menyediakan dana transfer minimal 20 juta euro untuk bisa membujuk United melepas Henderson.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA