DPR Dorong Penggunaan Genose Setara PCR

Dengan adanya Genose yang lebih murah dan cepat

Selasa , 16 Mar 2021, 15:18 WIB
Alat deteksi Covid-19 karya anak bangsa
Foto: Humas Ditjen Hubla
Alat deteksi Covid-19 karya anak bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi V DPR mendorong penggunaan alat screening Covid-19 Genose setara dengan PCR dan rapid test antigen. Ketua Komisi V DPR Lasarus mengatakan hal tersebut dapat dilakukan jika memang menurut pemerintah Genose yang lebih murah dan cepat serta hasil pemeriksaannya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"Kalau memang itu bisa (Genose dijadikan alat pendeteksi Covid-19), instrumen lain tidak perlu lagi dipakai," kata Lasarus dalam rapat kerja dengan Kementerian Perhubungan, Selasa (16/3).

Lasarus mengatakan, saat ini Indonesia masih harus berkejaran dengan waktu untuk memperbaiki ekonomi akibat dampak dari pandemi Covid-19. Dengan adanya Genose yang lebih murah dan cepat, Lasarus mengatakan alat deteksi Covid-19 dengan kriteria tersebut yang paling dibutuhkan.

"Rakyat sudah susah kalau buat keluarga yang tidak mampu lalu harus bayar PCR sampai 950 ribu, ini uang yang besar untuk keluarga tertentu," jelas Lasarus.

Untuk itu, Lasarus menegaskan Komisi V DPR mendukung sepenuhnya untuk adanya penggunaan Genose selain di kereta api, bus, dan kapal. Dia mengharapkan, Genose juga dapat diterapkan di transportasi udara.

"Bepergian ini kan harus ini itu. Apalagi menjelang mudik Lebaran, akan sangat terbantu bisa kembali ke kampung halaman dengan adanya metode tracking yang lebih mudah, murah, dan cepat," ungkap Lasarus.

Dia mengharapkan Genose dapat diterapkan di simpul-simpul transportasi lainnya. Lasarus menilai, penggunaan PCR membuat banyak orang malas bepergian kecuali bagi masyarakat yang mampu.