Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Pada Dua Waktu Ini Malaikat Berkumpul

Selasa 16 Mar 2021 13:21 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Dalam Dua Waktu Ini Malaikat Berkumpul

Dalam Dua Waktu Ini Malaikat Berkumpul

Foto: Blogspot
Malaikat berkumpul dalam dua waktu ini.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Agama Islam mengajarkan umat manusia untuk melaksanakan sholat lima waktu seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Sholat lima waktu wajib dilaksanakan karena semuanya baik.

Rasulullah SAW menginformasikan bahwa para malaikat berkumpul pada waktu sholat Subuh dan Ashar. Karena, pada waktu Subuh dan Ashar, para malaikat berkumpul untuk berganti tugas di bumi. 

Baca Juga

يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَارِ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْعَصْرِ ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَالْمَلَائِكَةُ يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ بِمِثْلِ حَدِيثِ أَبِي الزِّنَادِ

Rasulullah SAW bersabda, "Di antara kalian ada malaikat yang bergantian pada waktu malam dan siang, mereka berkumpul ketika sholat fajar (Subuh) dan sholat Ashar." 

"Lantas malaikat yang bermalam naik dan Tuhan mereka menanyai mereka (meskipun Allah paling tahu terhadap mereka), bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?" 

Jawab para malaikat, "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan sholat." (HR Muslim)

Sholat lima waktu wajib dikerjakan dan tidak bisa ditawar. Melalui hadis ini diketahui bahwa ada keutamaan dalam sholat Subuh dan Ashar karena di waktu itu malaikat datang dan pergi untuk melaporkan tugasnya kepada Allah SWT meskipun Allah SWT lebih mengetahui ketimbang para malaikat itu.

Sehubungan dengan itu, jangan meninggalkan sholat Subuh dan Ashar agar Malaikat datang dan pergi saat manusia sedang melaksanakan sholat, bukan sedang meninggalkan sholat.

 

 

 

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA