Selasa 16 Mar 2021 07:36 WIB

Iran Dukung Perundingan Turki, Qatar, dan Rusia Bahas Suriah

Ketiga negara berjanji mempertahankan wilayah Suriah sesuai dengan piagam PBB.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Perang Suriah
Foto: republika
Perang Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran menegaskan dukungannya terhadap perundingan trilateral di Doha yang melibatkan Qatar, Turki, dan Rusia. Ketiganya menggelar pertemuan untuk membahas krisis Suriah yang memasuki tahun kesepuluh.

Kantor berita IRNA melaporkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan Teheran mendukung semua inisiatif yang berkontribusi dalam mencari solusi atas konflik di Suriah. "Iran menyambut iniasiatif yang meringankan penderitaan rakyat Suriah dan meraih stabilitas dan perdamaian di Suriah," kata Khatibzadeh seperti dikutip Middle East Monitor, Senin (15/3).

Baca Juga

Juru bicara Kementerian Luar Negeri itu juga menekankan perundingan Astana antara Ankara, Moskow dan Teheran menjadi salah satu inisiatif yang paling berhasil.

Pada Kamis (11/3) lalu Turki, Rusia dan Qatar mengeluarkan pernyataan bersama usai menteri luar negeri mereka menggelar pertemuan di Doha. Dalam pertemuan tersebut ketiga negara berjanji mempertahankan wilayah Suriah sesuai dengan piagam PBB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement