Selasa 16 Mar 2021 07:08 WIB

Tren Belanja Pakaian Daring Meningkat Selama Pandemi

Tren ini tumbuh ketika pandemi menuntut banyak orang untuk bekerja dari rumah.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Tren peningkatan belanja pakaian melalui niaga elektronik dialami oleh Blibli Indonesia.
Foto: www.freepik.com
Tren peningkatan belanja pakaian melalui niaga elektronik dialami oleh Blibli Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren peningkatan belanja pakaian melalui niaga elektronik dialami oleh Blibli Indonesia. Blibli mengamati bagaimana pola perubahan konsumsi masyarakat melalui tren kategori dan produk yang mengalami pertumbuhan positif selama pandemi.

“Satu perubahan yang paling terlihat selama masa pandemi adalah bagaimana sebagian besar masyarakat sudah mulai terbiasa dengan kebijakan Work From Home karena dirasa lebih aman dan nyaman,” ujar Vice President Fashion Wanita Category Blibli Indonesia, Desey Muharlina Bungsu, dalam keterangan yang diterima republika.co.id, Selasa (16/3).

Baca Juga

Dia melanjutkan, hal ini pun terekam ke dalam survei McKinsey. Dalam survei tersebut, mengungkapkan lebih dari 50 persen responden memilih untuk tetap bekerja melalui videoconferencing dari rumah walaupun pandemi berakhir. 

Tren ini pun tercermin di pergerakan kategori Fashion di platform Blibli. Secara keseluruhan, sub kategori Fashion Pria dan Wanita tumbuh positif selama 2020. Dan secara rata-rata, berkembang di atas dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. 

Beberapa jenis pakaian yang paling digemari dan paling laris dibeli dalam niaga elektronik Blibli Indonesia, kata Desey, sangat mendukung masyarakat dalam bekerja dari rumah. Di antaranya adalah pakaian smart casual dan loungewear.

Kedua jenis pakaian itu kini banyak hadir dengan berbagai pilihan motif dan bahan yang tetap terlihat stylish dan pantas dipakai di depan kamera, namun nyaman dipakai di rumah.

Lalu pada produk sub kategori Fashion Muslim, disumbang oleh penjualan hijab yang masih diminati masyarakat. Sebab, menurut Desey, item pakaian inilah yang akan terlihat jelas saat video conferencing. “Pelanggan tetap ingin terlihat stylish dan menarik dengan motif hijab baru,” jelas dia.

Selain dipicu oleh kebutuhan kerja dari rumah, pertumbuhan di kategori fashion, kata Desey juga didorong oleh keinginan pelanggan yang ingin tetap terlihat bergaya walaupun harus mengenakan masker saat berkegiatan di luar rumah. Oleh karenanya, beberapa aksesoris seperti produk connecter masker hijab dan tali gantungan masker menjadi produk yang paling dicari selama masa pandemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement