Selasa 16 Mar 2021 05:47 WIB

Literasi Digital Jadikan UBSI Pontianak Pilihan Milenial

Kampus Universitas BSI Pontianak menjadi primadona di  era digital.

Kampus Universitas BSI Pontianak.
Foto: Dok UBSI
Kampus Universitas BSI Pontianak.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK – Perkembangan literasi digital dituntut semakin cepat akibat adanya pandemi Covid-19. Perguruan tinggi pun harus mampu beradaptasi dengan percepatan literasi digital, terutama dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Namun hal ini tidak menjadi kendala bagi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang telah lama menerapkan literasi digital dalam semua lini layanan akademiknya. 

Kampus Universitas BSI Pontianak sebagai perguruan tinggi berbasis digital di Kalimantan Barat telah mengantisipasi dampak pandemi dalam proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kepala Kampus Universitas BSI Pontianak Eri Bayu Pratama mengatakan, kampus Universitas BSI Pontianak menjadi primadona di  era digital dan menjadi pilihan generasi muda untuk menentukan masa depan. 

“Dua program studi unggulan Universitas BSI Pontianak menjadi pilihan generasi muda. Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI Pontianak dengan keistimewaannya dalam era digital menjadi primadona yang tidak dapat dibantahkan. Penguasaan sistem informasi menjadikan lulusannya mudah mendapatkan pekerjaan maupun membuka lowongan kerja bidang informasi dan teknologi seperti membangun dan mengembangkan startup,” ujarnya dalam  rilis, Rabu (3/3). 

Sedangkan prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) menjadi program studi satu-satunya yang ada di Kalimantan Barat. Dengan keunikan materi yang dimiliki, lulusannya mendapatkan keahlian dalam dua bidang sekaligus yakni sistem informasi dan akuntansi. 

“Pengajar di dua program studi tersebut adalah dosen-dosen master di  bidang IT dan ekonomi. Mereka telah memiliki Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Pendidik dan Jabatan Fungsional. Hal ini demi meningkatkan kualitas proses pendidikan bagi mahasiswa,” imbuh Eri. 

Eri mengungkapan,  semua dosen UBSI Pontianak memiliki publikasi ilmiah nasional maupun internasional. Terakhir, beberapa dosen berhasil lolos penelitian pada International Conference on Advanced Information Scientific Development (ICAISD) 2020  dan penerbitan hasil penelitian oleh penerbit IOP yang terindeks scopus. Selain itu, ada juga dosen yang lolos pada Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) pembiayaan tahun 2020 dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI).  

Menurutnya, tren digital yang semakin marak ini mempermudah calon mahasiswa menentukan jalur pendidikan pilihan. 

“Karena digitalisasi telah menyentuh segala lini kehidupan, tentu mempermudah generasi muda menentukan kampus dan prodi IT pilihan dan Universitas BSI Pontianak dengan kualitas pengajar dan layanan terbaik dapat menjadi pilihan utama di Kalimantan Barat” tutup Eri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement