Senin 15 Mar 2021 21:56 WIB

Pemkab Sukabumi Optimistis KEK Mampu Serap Ribuan Pekerja

Nantinya KEK pariwisata MNC Lido City ini beroperasi membutuhkan banyak tenaga kerja.

PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) resmi memulai pembangunan Movieland di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Istimewa
PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) resmi memulai pembangunan Movieland di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat optimistis pembangunan kawasan ekonomi kreatif (KEK) pariwisata yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Bogor mampu menyerap ribuan tenaga kerja."Khususnya di Kabupaten Sukabumi dengan adanya pembangunan KEK pariwisata bisa mengoptimalkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM), dengan memanfaatkan SDA tersebut tentunya bisa menyerap ribuan tenaga kerja," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Senin (15/3).

Menurutnya, pembangunan KEK pariwisata yang dilakukan pemerintah pusat dengan menggandeng MNC, tahap awal dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bogor yang kemudian pengembangannya dilanjutkan di Kabupaten Sukabumi. Untuk di Kabupaten Sukabumi sesuai rencana, lahan yang digunakan untuk pembangunan dunia pariwisata ini mencapai 2 ribu hektare. Tentunya program tersebut sangat menguntungkan bagi semua pihak khususnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat baik melalui penyerapan tenaga kerja, meningkatnya investasi dan lain sebagainya.

Perkembangan investasi ini akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja, karena mulai dari pembangunan hingga nantinya KEK pariwisata MNC Lido City ini beroperasi membutuhkan banyak tenaga kerja."Program pembangunan ini tentunya harus didukung semua pihak, karena sangat menguntungkan dalam peningkatan perekonomian di Kabupaten Sukabumi apalagi sesuai dengan misi Pemkab Sukabumi yakni meningkatkan dunia ekonomi berbasis pariwisata dan pertanian," tambahnya.

Marwan mengatakan KEK pariwisata ini dikoneksikan dengan Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu, sehingga berdampak kepada pengembangan infrastruktur Kabupaten Sukabumi khususnya KEK Cikidang yang saat ini tengah dalam pelaksanaan. Di sisi lain, ia pun sangat optimistik Kabupaten Sukabumi akan menjadi daerah termaju dalam dunia pariwisata ke depannya, apalagi didukung oleh sarana transportasi yang lengkap mulai dari jalan Tol Bocimi, jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor hingga pembangunan Bandara Sukabumi.

Perhatian pemerintah pusat sangat besar kepada Kabupaten Sukabumi, apalagi akan dibangun jalan tol yang menghubungkan wilayah Kecamatan Cibadak (Sukabumi Utara)-Kecamatan Palabuhanratu (Sukabumi Selatan).

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement