Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Pemerintah Matangkan Rencana untuk Wisma Atlet Hambalang

Senin 15 Mar 2021 16:03 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kondisi bangunan yang terbengkalai di megaproyek sport center atau Pusat Pendidikan dan Sekolah Olahraga (P2SO), Kampung Bukit Hambalang, Desa Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/3).(Republika/Wihdan Hidayat)

Kondisi bangunan yang terbengkalai di megaproyek sport center atau Pusat Pendidikan dan Sekolah Olahraga (P2SO), Kampung Bukit Hambalang, Desa Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/3).(Republika/Wihdan Hidayat)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pembangunan lahan Wisma Atlet Hambalang sempat mangkrak lama karena kasus korupsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mematangkan rencana penggunaan lahan Wisma Atlet Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sebagai pusat pelatihan atlet senior. Rencana ini masuk dalam pembahasan desain besar (grand design) olahraga nasional yang rapatnya dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (15/3) pagi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menjelaskan, nantinya fasilitas olahraga yang dibangun di atas lahan yang sempat jadi objek perkara korupsi itu akan digunakan untuk pelatihan lanjutan bagi atlet yang rampung menyelesaikan pendidikan keolahragaan di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Cibubur.

"Selanjutnya usia SMA kita akan Dorong ke Cibubur tempat SKO kita sekarang dan nanti juga kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding," kata Zainudin usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (15/3).

Selain melanjutkan pembangunan fasilitas pelatihan olahraga di Hambalang, Zainudin menambahkan, pemerintah juga berencana membangun 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah. Pemerintah juga akan fokus untuk menggali potensi atlet usia sekolah dasar (SD) dengan melalui mekanisme seleksi yang disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wacana pemanfaatan lahan Hambalang ini sebenarnya sudah lama dibicarakan. Pada pertengahan 2020 lalu, Menpora Zainudin juga sempat menyampaikan bahwa Presiden Jokowi sudah memberikan arahan untuk memanfaatkan kembali lahan yang sempat jadi objek kasus korupsi tersebut.

"Memang tahun-tahun sebelumnya menjadi masalah, tapi tahun ini sudah dapat izin bahwa presiden sudah memberi arahan," kata Zainudin saat itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA