Senin 15 Mar 2021 16:01 WIB

Mercedes-Benz akan Tarik 2,6 Juta Produknya Buatan China

Sekitar 774.382 mobil Mercedes dijual di China tahun lalu,

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Mercedes Benz
Foto: Republika/ Wihdan
Mercedes Benz

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Daimler akan menarik kembali 2,6 juta kendaraan Mercedes-Benz yang diimpor dan dibuat secara lokal di China karena masalah desain perangkat lunak. Menurut Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar China, peran perangkat lunak dinilai gagal untuk mengkomunikasikan lokasi kendaraan yang benar jika terjadi kecelakaan.

Sekitar 774.382 mobil Mercedes dijual di China tahun lalu, kata juru bicara Daimler. Penarikan kembali akan dimulai 12 April dan melibatkan tiga batch kendaraan, dilansir di Autonews, Senin (15/3).

Sebanyak 2.600.677 unit dibuat antara Januari 2016 dan November 2020 karena masalah desain perangkat lunak. Sebanyak 33 unit diproduksi antara Agustus 2016 dan Juli 2020 karena masalah konektivitas yang terkait dengan pemasok.

Sebanyak 333 unit diproduksi antara Juli 2016 dan Oktober 2020 karena kemungkinan masalah dengan konektivitas modul komunikasi. Mungkin ada beberapa tumpang tindih antara ketiga kategori tersebut.

Penarikan kembali terjadi beberapa hari setelah panggilan balik sebelumnya yang melibatkan produsen mobil Jerman itu.  Yang satu itu terkait dengan 125.568 kendaraan C-Class impor dan buatan China yang diproduksi antara Juni 2014 dan Februari 2018 dan dianggap berbahaya karena risiko keselamatan.

Bulan lalu, Mercedes-Benz USA mengatakan menarik 1,29 juta kendaraan yang terjual sejak 2016 karena alasan yang sama. Mercedes menjual 2,05 juta mobil di seluruh dunia pada tahun 2020. Pasar terbesarnya adalah Cina, terhitung sekitar 35 persen dari pengiriman.

Ekonomi terbesar di Asia dan pasar mobil terbesar di dunia sejauh ini merupakan wilayah penjualan terpenting untuk model andalan produsen mobil yang sangat menguntungkan, seperti sedan S-Class.

Penjualan mobil premium di China pulih dengan kuat di paruh kedua, keuntungan bagi keuangan pabrikan mewah seperti Mercedes.

Penghasilan konsolidasi produsen mobil Jerman dari China memiliki potensi untuk menerima dorongan lebih lanjut dari tahun 2022 ketika aturan kepemilikan asing yang baru memungkinkan pembuat mobil UE untuk meningkatkan saham usaha patungan mereka hingga di atas 50 persen.

Daimler Greater China Ltd. didirikan di Beijing pada tahun 2001 dan bertanggung jawab atas aktivitas mobil dan van Mercedes-Benz, truk dan bus Daimler, Layanan Keuangan Mercedes-Benz, Layanan Mobilitas, bisnis suku cadang, serta pusat penelitian dan pengembangan.

Mercedes-Benz dan Zhejiang Geely Holding Group China, yang dikendalikan oleh miliarder Li Shufu, tahun lalu mendirikan usaha patungan untuk mengembangkan kendaraan listrik premium dan cerdas, dengan kontribusi kedua belah pihak sebesar 2,7 miliar yuan.

Kantor pusat global dari usaha ini berada di Ningbo di timur Tiongkok dengan fungsi penjualan operasional di Tiongkok dan Jerman. 

 

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement