Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Menengok Sejarah Korupsi Sebelum Islam Datang

Senin 15 Mar 2021 06:21 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Menengok Sejarah Korupsi Sebelum Islam Datang

Menengok Sejarah Korupsi Sebelum Islam Datang

Foto: republika
Korupsi telah menemani peradaban umat manusia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejarah korupsi boleh dikatakan telah menemani peradaban demi peradaban yang dibangun umat manusia. Sebelum Islam hadir, jejak korupsi pun telah banyak ditemukan pada bangsa-bangsa terdahulu. 

Korupsi merupakan fenomena kebudayaan yang sudah sangat tua. Dalam buku Fikih Antikorupsi Perspektif Ulama Muhammadiyah yang disusun oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah dijelaskan, di antara catatan sejarah korupsi yang tertua terdapat dalam Bible. Bentuk korupsi beberapa kali disebutkan dalam Bible adalah kata penyuapan (bribe). 

Baca Juga

Adapun kitab Eksodus (Keluaran) dari Perjanjian Lama memperingatkan agar menghindari sejumlah perbuatan terlarang. Di antaranya menerima suap, sebab uang suap membutakan para pejabat dan menyesatkan tujuan orang yang berada di jalan yang benar. 

Adapun dalam kitab Nabi Amos (abad ke-9 SM) dikisahkan mengenai seorang raja yang amat zalim yang menginjak-injak kebenaran. Raja itu meminta upeti yang tidak semestinya, mengusir orang miskin, dan memakan harta suap. Pada zaman ini, kaum cendikia tidak berani bersuara karena mereka berada di zaman yang buruk. 

Sedangkan dalam masyarakat kuno di India dan Yunani kuno, korupsi telah dipraktekkan sejam satu milenium sebelum Masehi. Bentuk korupai yang juga banyak disebut adalah perkara penyuapan. Dalam hukum Manu, misalnya, disebutkan bahwa 'para pejabat yang korup dan menerima suap dari orang-orang desa harus diusir dari kerajaan dan harta kekayaan mereka disita'. 

Begitu pun di masa kerajaan Romawi. Korupsi diyakini mempunyai intensitas dan keragaman yang lebih besar jika dibandingkan dengan korupsi yang terjadi di Yunani. Hal itu disebabkan karena Romawi merupakan kerajaan yang besar dan sekitar abad ke-2 SM mengalami banyak perubahan di bidang ekonomi, politik, dan budaya. 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA