Senin 15 Mar 2021 02:05 WIB

UEA Promosikan Ajaran Agama Samawi yang Toleran

UEA nilai penting mempromosikan ajaran agama Samawi yang berbasis toleransi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Toleransi (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Toleransi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Ketua Otoritas Umum Uni Emirates Arab (UEA) untuk Urusan dan Wakaf Islam, Mohammad Mattar Al Kaabi, menekankan bahwa jika pengikut agama monoteistik jenuh dengan nilai-nilai keimanan dan berpegang pada kesamaan moral dan budaya mereka. Untuk itu dia menilai pentingnya mempromosikan ajaran agama Samawi yang berbasis toleransi.

Dia mencatat bahwa pemerintah UEA telah mengadopsi strategi komprehensif untuk mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan bersama dalam inisiatif pemerintah yang melembagakan budaya toleran yang berakar pada kepribadian Emirat sebagai sebuah bangsa.

Menyampaikan pidato UEA pada sesi pembukaan Konferensi ke-31 Dewan Tertinggi Urusan Islam Mesir di Kairo, Ahad (14/3), Al Kaabi menambahkan, UEA telah mendukung inisiatifnya dengan memperkenalkan undang-undang dan hukum yang relevan.

“Ini mendirikan Kementerian Toleransi dan Koeksistensi pertama pada tahun 2016, dan mengeluarkan undang-undang pertama yang melindungi nilai-nilai toleransi, menghormati tempat ibadah, kebebasan berkeyakinan dan tindakan kriminalisasi yang mengarah pada kebencian, memicu sektarianisme, dan prasangka terhadap kesucian agama,” kata dia sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Ahad (14/3).

Upaya ini, kata dia, berpuncak pada UEA yang menjadi tuan rumah, mensponsori dan mengadopsi "Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama" yang ditandatangani oleh Imam Besar Al-Azhar Ahmed El-Tayeb dan Paus Francis, kepala Katolik Gereja, selama Konferensi Global Persaudaraan Manusia dua tahun lalu.

UEA, lanjut dia, mendirikan Rumah Keluarga Abrahamik (Nabi Ibrahim), yang akan menjadi mercusuar untuk saling pengertian, hidup berdampingan secara harmonis, dan perdamaian di antara orang-orang yang beriman dan niat baik.

Ini terdiri dari masjid, gereja, sinagog, dan pusat pendidikan yang akan dibangun di Pulau Saadiyat, jantung budaya Abu Dhabi di Uni Emirat Arab. Melalui desainnya, ini menangkap nilai-nilai yang dibagikan antara Yudaisme, Kristen dan Islam, dan juga berfungsi sebagai platform yang kuat untuk menginspirasi dan memelihara pemahaman dan penerimaan di antara orang-orang yang berniat baik.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Dokumen Persaudaraan Manusia dan Rumah Keluarga Abrahamik memiliki interaksi budaya global karena nilai-nilai kemanusiaan yang mereka pegang bersama.

Tahun ini, dia mencatat, untuk pertama kalinya, PBB merayakan Hari Persaudaraan Manusia Internasional pada 4 Februari dan memberikan kesempatan untuk menyoroti prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang termasuk dalam "Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama" dan mengeksplorasi praktik yang baik menuju penerapannya sebagai jalan menuju masa depan, seiring kita membangun kembali dunia yang lebih baik.

Al Kaabi menyerukan lembaga-lembaga yang berpartisipasi dalam konferensi tersebut untuk mengadopsi strategi pendidikan melalui platform keagamaan dan media, seminar dan acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang nilai-nilai kemanusiaan yang umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement