Ahad 14 Mar 2021 19:09 WIB

Stok Darah Berkurang, Sukabumi Gencarkan Donor Darah

Target donor darah Sukabumi bisa mengumpulkan sebanyak 100 labu darah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (14/3).
Foto: Republika/riga nurul iman
Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (14/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Masa pandemi Covid-19 berdampak pada berkurangnya stok labu darah di Palang Merah Indonesia (PMI) termasuk di Kota Sukabumi. Kondisi ini disikapi organisasi masyarakat di Kota Sukabumi yang menggiatkan acara donor darah.

Salah satunya dilakukan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (14/3). '' Ada permintaan dari PMI labu darah di masa Covid berkurang, maka kami inisiasi gerakan donor darah,'' ujar Ketua Panitia Donor Darah INTI Kota Sukabumi, Gunawan kepada wartawan.

Baca Juga

Selain itu organisasinya mengajak berbagai komunitas lainnya untuk turut serta dalam aksi sosial kemanusiaan tersebut. Tercatat ada sebanyak 15 komunitas yang mengirimkan perwakilannya antara lima hingga sepuluh orang untuk mendonorkan darahnya.

''Harapan atau target dalam donor darah ini bisa mengumpulkan sebanyak 100 labu darah,'' ungkap Gunawan. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Wali Kota Sukabumi. Achmad Fahmi, PMI Kota Sukabumi serta sponsor Sinar Mas Utama dan lainnya.

Intinya lanjut Gunawan, INTI berharap bisa berbuat ke depannya dalam penyedian labu darah. Di samping momen ini juga untuk mempererat silaturhami dengan komunitas dan merangkul semua elemen agar terjalin kebersamaaan antar masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement