Ahad 14 Mar 2021 16:48 WIB

Tujuh Makanan Ini Bisa Jaga Kesehatan Ginjal

Konsumsi vitamin C alami sangat efektif menurunkan laju pembentukan batu ginjal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Buah-buahan seperti jeruk dan lemon kaya vitamin C yang sangat efektif dalam menurunkan laju pembentukan batu ginjal. (ilustrasi).
Buah-buahan seperti jeruk dan lemon kaya vitamin C yang sangat efektif dalam menurunkan laju pembentukan batu ginjal. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ginjal menjadi salah satu organ terpenting tubuh manusia. Melihat standar gaya hidup saat ini, kesehatan ginjal sering kali diabaikan sehingga mengarah pada akar penyebab dari banyak masalah kesehatan.

Dilansir di Times of India pada Ahad (14/3), Anda harus merawat ginjal dengan baik. Anda bisa memulai dengan menambahkan makanan kaya nutrisi dan dianggap baik untuk kerja ginjal. Berikut daftarnya:

1. Apel

Kaya akan kandungan pektin, apel membantu mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan membantu melindungi ginjal.

2. Beri

Buah-buah ini kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya. Dianjurkan untuk menambahkan setengah cangkir beri setiap hari ke dalam makanan untuk menjaga kesehatan ginjal.

3. Buah sitrus

Buah-buahan seperti jeruk dan lemon kaya vitamin C. Menurut ahli kesehatan, mengonsumsi vitamin C alami sangat efektif dalam menurunkan laju pembentukan batu ginjal.

4. Kubis

Kubis rendah natrium dan membantu mencegah penyakit ginjal. Kubis juga kaya senyawa dan vitamin lain, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Capsicum merah

Membantu memecah limbah dalam darah dan karenanya menjadi sayuran yang sempurna bagi mereka yang menderita masalah ginjal. Dianjurkan mengonsumsi capsicum, baik dalam bentuk panggang maupun bakar.

6. Kol bunga

Kembang kol kaya akan indoles, glukosinolat, dan tiosianat yang membuang semua limbah beracun di tubuh, dan menjaga kesehatan ginjal.

7. Kale

Sayuran berdaun hijau ini merupakan makanan super yang kaya vitamin dan mineral, serta menjaga kesehatan ginjal dan juga meningkatkan efisiensinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement