Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Lima Film Dragon Ball yang Gagal Populer

Ahad 14 Mar 2021 15:32 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Dragon Ball

Dragon Ball

Foto: nautilijon
Ada yang mengalami hambatan proses distribusi hingga usia film yang terlalu lama.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Berbagai judul film animasi Dragon Ball sudah tayang untuk penggemar. Di antara puluhan judul itu, ada yang dianggap klasik dan tak lekang oleh masa tetapi ada juga yang tenggelam dan pudar dari ingatan selama bertahun-tahun.

Biasanya karena kurangnya proses distribusi film dalam bahasa Inggris atau karena usia film yang terlampau lama. Berikut lima film Dragon Ball yang masuk dalam daftar, seperti dikutip di laman CBR, Ahad (14/3):

1. Dragon Ball: Curse of the Blood Rubies

Ini adalah film pertama Dragon Ball yang dirilis pada 1986. Dalam cerita itu, bola naga milik Goku dicuri oleh Bongo dan Pasta. Untuk melacaknya, Goku bersama teman barunya Bulma bertualang dan berjumpa dengan deretan karakter ikonik lain.

Perjalanan itu juga memperkenalkan penonton pada Blood Rubies yang misterius. Film ini cukup kabur dari ingatan karena sejarah sulih suara. Pada 1980-an, Harmony Gold membeli film tersebut dan memotong-motongnya saat melakukan sulih suara.

Ketika mereka melakukan tes pertunjukan dari film, hasilnya cukup buruk tapi sudah mustahil untuk dibatalkan. Para penggemar menyebut fenomena ini sebagai "Lost Dub". Funimation membeli lisensi pada 1995 dan berusaha memperbaikinya.

Namun, versi baru juga menampilkan beberapa pemotongan sehingga kisahnya tetap kurang jelas bagi penggemar. Rilisan film tanpa pemotongan dalam bahasa Inggris baru hadir pada 2009 dan kini sulit menemukan film di manapun.

2. Dragon Ball: Mystical Adventure

Awalnya dirilis pada 1988, Dragon Ball: Mystical Adventure adalah film Dragon Ball ketiga. Goku dan Krillin berlatih dengan Master Roshi dalam persiapan untuk Turnamen Seni Bela Diri Dunia di Mifan, namun turnamen tidak berjalan mulus.  

Film tak banyak diingat lantaran termasuk bagian dari "Lost Dub" dari Harmony Gold. Sinema tidak tersedia secara umum sampai tahun 2000 ketika Funimation merilis dub baru. Sejarah rilis yang aneh membuat kebanyakan orang melupakan keberadaannya.

3. Dragon Ball: The Path to Power

Sekuel dari film Dragon Ball: Mystical Adventure ini baru rilis pada 1996, mengadaptasi bagian dari cerita Red Ribbon dan merayakan 10 tahun ulang tahun Dragon Ball. Sinema hadir di Amerika Serikat pada 2003, bertahun-tahun setelahnya. 

Goku muda dan Bulma hadir dalam film, juga Master Roshi, Oolong, Yamcha, dan Android 8. Sayangnya, sinema ini kurang menarik perhatian penggemar. Banyak yang lebih tertarik dengan Dragon Ball Z, bukannya kisah lain dari Dragon Ball orisinal.

4. Dragon Ball Z: The World's Strongest

Ini adalah judul kedua dari deretan film Dragon Ball Z. Film dirilis pada 1990 di Jepang dan baru ditayangkan di Amerika Serikat pada 1998 oleh Pioneer Home Video dan Funimation, lalu versi baru tanpa potongan penyuntingan hadir pada 2006.

Tetap saja film ini sulit ditemukan dan tak banyak penggemar Dragon Ball yang mengingat filmnya. Sinema menceritakan Gohan dan Oolong yang mencari Dragon Ball, sementara mereka juga harus menghadapi tokoh antagonis Dr Kochin.

5. Dragon Ball Z: Bio-Broly

Sinema Dragon Ball Z ke-11 ini menampilkan tokoh-tokoh seperti Dr Collie, Mr Satan, Jaguar, Trunks, Goten, dan Android 18. Funimation merilis film pada 2005, tapi sebagian besar penggemar mengabaikan dan kini tak lagi mengingatnya.

Apalagi, jika judul ini dibandingkan dengan film-film lain di saga Broly yang dianggap memiliki cerita jauh lebih menarik. Dengan demikian, banyak penggemar melewatkannya dan langsung menonton film yang lebih populer di waralaba.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA