Ahad 14 Mar 2021 11:35 WIB

Lansia Kota Bogor Bisa Divaksinasi Drive Thru

Vaksinasi drive thru bisa didapatkan GOR Pajajaran.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nora Azizah
Vaksinasi drive thru bisa didapatkan GOR Pajajaran.
Foto: Antara/Fauzan
Vaksinasi drive thru bisa didapatkan GOR Pajajaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat lanjut usia (lansia), Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan beberapa titik berbasis fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit. Kemudian, bisa juga memanfaatkan fasilitas drive thru di GOR Pajajaran, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, sistem drive thru untuk vaksinasi lansia di GOR Pajajaran, rencananya mulai dilaksanakan pada Rabu (17/3) yang akan datang.

Baca Juga

“Ada beberapa titik yang bisa berbasis fasilitas kesehatan. Puskesmas, rumah sakit, kemudian satu lagi drive thru. Saya lagi merencanakan hari Rabu besok untuk lansia drive thru di GOR Pajajaran,” ujar Retno, Ahad (14/3).

Untuk menjalani vaksinasi dengan sistem drive thru nanti, para lansia bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi kesehatan daring, Halodoc. Retno mengatakan, vaksinasi drive thru ini bisa dilaksanakan dengan menggunakan mobil atau motor, seperti yang sudah dilakukan di DKI Jakarta.

Sementara itu, berdasarkan data dari kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Puskesmas melalui RW, berdasarkan nama dan alamat sudah ada 61.178 lansia di Kota Bogor yang terdata. “Jadi lansia ada sekitar 61 ribu (orang) ya, cukup banyak. Jadi kita butuh beberapa titik vaksinasi,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut Retno, penyuntikan vaksin untuk lansia di puskesmas akan disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Termasuk rumah sakit. Kemungkinan, kepada beberapa komunitas lansia juga akan dilaksanakan vaksinasi massal seperti yang sudah dilaksanakan di Puri Begawan dan IPB International Convention Center (IICC).

“Bisa beberapa model ya nanti berbasis fasilitas kesehatan, puskesmas yang mendekatkan ke wilayah, rumah sakit, kemudian nanti mungkin yang komunitas bisa saya buat massal, satu lagi pilihan yang drive thru,” jelasnya.

Diketahui, Pemkot Bogor sudah mengalokasikan 55 ribu dosis vaksin untuk disuntikkan kepada para lansia. Dosis vaksin yang akan diberikan nanti, merupakan tambahan 5.500 vial yang diterima Kota Bogor pada Senin (8/3).

"Sudah ada arahan dari Kemenkes, vaksinasi lansia tidak hanya di Ibu Kota Provinsi tapi juga di daerah. Untuk itu, kami menerima 55 ribu untuk 27.500 orang untuk dua kali suntik. Jadi mungkin kita prioritaskan dulu untuk lansia," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement