Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Kapan Waktu Terbaik Sikat Gigi Pagi?

Ahad 14 Mar 2021 07:07 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Sikat gigi perlu dilakukan setidaknya dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari.

Sikat gigi perlu dilakukan setidaknya dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari.

Foto: PxHere
Sikat gigi perlu dilakukan setidaknya dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sikat gigi perlu dilakukan setidaknya dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Akan tetapi, tak banyak yang tahu kapan waktu paling optimal untuk menyikat gigi di pagi hari.

Waktu terbaik untuk menyikat gigi di pagi hari akan bergantung pada jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sarapan. Secara umum, sikat gigi sebaiknya dilakukan setelah menyantap sarapan. Dengan begitu, beragam sisa makanan hingga noda minuman dari sarapan bisa dibersihkan.

Baca Juga

Metode ini juga akan membuat kondisi gigi bersih untuk waktu yang lebih lama saat beraktivitas. Dengan begitu, bakteri di mulut akan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk memetabolisme gula dan menyebabkan gigi berlubang atau kerusakan email gigi.

Namun bila ingin menyantap makanan atau minuman asam saat sarapan, menyikat gigi mungkin akan lebih baik dilakukan sebelum sarapan. Alasannya, menyikat gigi setelah menyantap makanan atau minuman asam seperti kopi dan buah dapat membahayakan email gigi.

Bila tetap ingin menyikat gigi setelah sarapan dengan makanan atau minuman asam, luangkan jeda waktu sebelum sikat gigi. American Dental Association merekomendasikan untuk menunggu 60 menit setelah menyantap makanan minuman asam sebelum menyikat gigi.

Akan tetapi bila tak ada waktu menunggu selama itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah berkumur dengan air putih. Berkumur akan membantu sisa makanan atau minuman untuk tidak menempel di antara gigi sepanjang waktu.

"Semakin sering Anda bisa membilas makanan danbakteri, semakin optimal kesehatan mulut yang akan Anda capai," tukas registered dental hygienist Madison Kaplan, seperti dilansir CNet, Ahad (14/3).

Hal ini juga berlaku untuk kopi dan jus jeruk. Seperti diketahui, kedua minuman ini merupakan minuman yang sangat asam. Menyikat gigi sesaat setelah minum kopi dapat menyebabkan erosi pada enamel gigi.

Menyikat gigi sebelum dan sesudah sarapan mungkin bisa dilakukan. Akan tetapi, Kaplan menyarankan untuk berhati-hati terlalu banyak menyikat gigi.

"(Terlalu banyak menyikat gigi) dapat merusak gusi," papar Kaplan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA