Ahad 14 Mar 2021 06:43 WIB

Bagaimana Meminta Maaf Pada Orang yang Sudah Wafat?

Orang yang tidak minta maaf terancam bangkrut.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Bagaimana Meminta Maaf Pada Orang yang Sudah Wafat?. Foto: Ilustrasi kuburan
Foto: Wikipedia
Bagaimana Meminta Maaf Pada Orang yang Sudah Wafat?. Foto: Ilustrasi kuburan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Umat Islam harus meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin pernah disakiti saat di dunia. Jika orang yang telah menyikiti tidak bertaubat dan meminta maaf kepada orang yang diejek dan dizalimi, maka dia terancam bangkrut di akhirat. Artinya, ganjaran yang orang tidak termaafkan tersebut akan diambil oleh orang yang teraniya.

Namun, bagaimana kalau orang yang sudah disakiti tersebut sudah meninggal? Dan bagaimana caranya meminta maaf?

Dalam buku “M Quraish Shihab Menjawab” dijelaskan, kalau tidak sempat meminta maaf karena yang bersangkutan telah meninggal dunia, atau sebab lain, maka berdoa merupakan salah satu cara yang mungkin bisa meluluhkan hati yang teraniaya, sehingga tidak menuntut ganti di akhirat kelak.

Menurut M Quraish, hal itu bisa dilakukan dengan cara mendekatkan diri kepada AllahSwt dengan berbagai amcam kebajikan, sambil berdoa sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad Saw, yaitu:

“Ya Allah sesungguhnya ada dosa yang aku lakukan terhadap-Mu dan ada juga terhadap hamba-hamba-Mu. Apa yang terhadap-Mu kumohon kiranya Engkau mengampuni, dan apa yang terhadap hamba-hamba-Mu kumohon kiranya Engkau ambil dariku.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement