Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Tujuh Dosa Besar Menurut Sabda Nabi Muhammad

Ahad 14 Mar 2021 05:15 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Tujuh Dosa Besar Menurut Sabda Nabi Muhammad

Tujuh Dosa Besar Menurut Sabda Nabi Muhammad

Foto: Republika/Rakhmawaty Lalang
Tujuh dosa itu bisa menyebabkan kebinasaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski ada dosa besar dan dosa kecil, umat Islam tetap diperintahkan menghindari melakukan dosa besar dan kecil. Sebab dosa besar maupun kecil sama-sama perbuatan yang tidak baik.

Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menyampaikan tujuh dosa besar. Tujuh dosa itu bisa menyebabkan kebinasaan, maka Rasulullah SAW mengingatkan umat manusia menghindarinya.

Baca Juga

Abu Hurairah mengatakan Rasulullah SAW bersabda, "Hendaklah kalian menghindari tujuh dosa yang dapat menyebabkan kebinasaan."

Dikatakan kepada Rasulullah SAW, "Apakah ketujuh dosa itu wahai Rasulullah?" 

Rasulullah menjawab, "Dosa menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah untuk dibunuh kecuali dengan haq, memakan harta anak yatim, memakan riba, lari dari medan pertempuran, dan menuduh wanita mukminah baik-baik berbuat zina." (HR Muslim)

Di dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW juga menyampaikan dosa besar lainnya. Rasulullah SAW menyebutkan tentang dosa-dosa besar, Rasulullah SAW bersabda, "Syirik kepada Allah, membunuh jiwa, dan durhaka terhadap kedua orang tua." 

Rasulullah SAW bersabda lagi, "Maukah kalian untuk aku beritahukan tentang dosa-dosa terbesar?" Rasulullah bersabda lagi, "Perkataan dusta (persaksian dusta)."

Syu'bah bin al-Hajjaj seorang tabiin berkata, "Dugaanku yang paling kuat adalah (Rasulullah mengatakan) persaksian palsu." (HR Muslim).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA