Sabtu 13 Mar 2021 20:48 WIB

Bummas Binaan Rumah Zakat Antisipasi Musim Kurban

Tahun ini ditargetkan 50 ekor kambing terjual saat Idul Adha

Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) Warak Berdaya Farm binaan Rumah Zakat yang fokus pada peternakan kambing dan domba sedang menyiapkan kandang ke empat. Hal itu disampaikan  Relawan Rumah Zakat, Dwi Pujiyanto, Senin (1/3) yang secara intensif mendampingi para peternak.
Foto: istimewa
Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) Warak Berdaya Farm binaan Rumah Zakat yang fokus pada peternakan kambing dan domba sedang menyiapkan kandang ke empat. Hal itu disampaikan Relawan Rumah Zakat, Dwi Pujiyanto, Senin (1/3) yang secara intensif mendampingi para peternak.

REPUBLIKA.CO.ID, SALATIGA--Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) Warak Berdaya Farm binaan Rumah Zakat yang fokus pada peternakan kambing dan domba sedang menyiapkan kandang ke empat. Hal itu disampaikan  Relawan Rumah Zakat, Dwi Pujiyanto, Senin (1/3) yang secara intensif mendampingi para peternak.

Dwi Pujiyanto mengatakan sejak setahun yang lalu, ia menginisiasi terbentuknya kelompok peternak kambing dan domba. Bulan Februari 2020 Rumah Zakat memberikan bantuan tiga ekor kambing betina kepada tiga penerima manfaat. Saat itu masih dipelihara di kandang pribadi. Sekarang sudah ada kandang ternak komunal bersama. "Ini kami baru membangun kandang ke empat. Untuk persiapan momentum kurban dibutuhkan banyak

tempat sehingga kami dirikan kandang ini. Tahun lalu di Idul Adha kami berhasil menjual 36 kambing dan domba. Tahun ini kita menargetkan 50 ekor lebih bisa terjual," kata Dwi Pujiyanto.

Sekarang di kandang ada 23 ekor kambing dan domba. Terdiri dari 6 ekor kambing jantan, 7 ekor kambing betina, 3 ekor domba jantan, 3 ekor domba betina, dan 4 anakan. Peternakan di BUMMas Warak Berdaya Farm dengan sistem penggemukan dan peranakan. Selain itu, BUMMas Warak Berdaya juga menerima pesanan layanan aqiqah siap saji dengan nama usaha Mumtaza Aqiqah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement