Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

DQ Blitar Gelar Talkshow Menghafal Alquran

Sabtu 13 Mar 2021 19:15 WIB

Red: Agung Sasongko

DQ Blitar mengelar talkshow menghafal Alquran

DQ Blitar mengelar talkshow menghafal Alquran

Foto: dok DQ Blitar
Semangat Anak-Anak Menghafal Alquran harus dijaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mempereringati hari Isra Mi’raj 1442 H, DQ Blitar dan Yayasan As-Sakinah menyelenggarakan kegiatan Talkshow Inspiratif dengan tema “Beginilah Pengalamanku Menghafal Al-Qur’an” pada 12 Maret 2021. 

Talkshow ini diisi oleh Muhammad Fawwaz Kusuma, siswa SMAIT Al-Hikmah Bence Blitar yang telah menuntaskan hafalan 30 Juz Al-Qur’an.

Baca Juga

Acara yang diselenggarakan di Masjid Al-Kahfi MITASH Subontoro ini dipandu oleh Kak Sirot Fajar dari DQ Blitar. 

Dalam pengantarnya Kak Sirot menyampaikan bahwa Isra’ Mi’raj merupakan mukjizat Nabi Muhammad yang luar biasa karena membuat heboh orang kafir saat itu. Namun ada mukjizat nabi yang lebih besar, yaitu Alquran yang isinya sangat menakjubkan dan masih bertahan sampai saat ini, bahkan sampai hari akhir nanti. Maka dari itulah kita harus menjaga Al-Qur’an, menjadi sahabatnya, dan semangat menghafalnya. Untuk itulah diadakan talkshow ini, agar anak-anak semangat menghafal Al-Qur’an.

Kepada peserta, Fawwaz menyampaikan bahwa kunci menghafal Al-Quran adalah niat yang kuat dan keseriusan kita dalam menjalani proses menghafal. Beliau kemudian bercerita bahwa saat SD hanya berhasil menghafal dua juz Al-Qur’an. Saat SMP hanya bisa menghafal tiga juz Al-Qur’an. Namun memasuki SMA, ketika mulai serius menghafal Al-Qur’an dan menata niat lagi, akhirnya bisa menuntaskan hafalan Al-Qur’an kurang dari dua tahun.

Di hadapan sekitar tiga puluh anak yang hadir, Fawwaz juga menyampaikan bahwa dalam menghafal Al-Qur’an kita harus sabar dalam menjalani prosesnya. Sabar dalam menghafalnya dan juga sabar dalam memurajaah agar ayat atau surah yang sudah dihafal tidak lupa.

Selesai talkshow, acara disambung dengan ramah tamah antar peserta dan dilanjutkan dengan makan-makan bakso. Sebagian peserta di acara ini merupakan Santri Madrasah Tahfidz yang diadakan oleh DQ Blitar dan Yayasan As-Sakinah. Program tahfidz ini berjalan tiap hari Selasa-Jum’at tiap maghrib sampai Isya.

Azril yang menjadi salah satu peserta di talkshaow ini mengaku senang dengang acara yang berlangsung. Ia mengaku terinspirasi dengan pengalaman menghafal Al-Qur’an dari Fawwaz. “Saya jadi terinspirasi dan lebih semangat untuk  menjadi penghafal Alquran,” ungkap Azril sambil tersenyum menutup pembicaraan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA