Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

LIB: Persiapan Piala Menpora 2021 Tinggal Pematangan Prokes

Sabtu 13 Mar 2021 05:55 WIB

Red: Israr Itah

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru Sudjarno

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru Sudjarno

Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
LIB menggelar simulasi di setiap stadion yang menyelenggarakan laga babak grup.

REPUBLIKA.CO.ID, LIB: JAKARTA -- Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan bahwa persiapan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 tinggal pematangan penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. "Kami terus mematangkan protokol kesehatan. Untuk yang lain kami sudah berkeliling ke empat wilayah tuan rumah penyisihan grup termasuk ke pemerintah daerah dan kepolisian setempat," ujar Sudjarno ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Jumat (12/3).

Demi memperlancar praktik protokol kesehatan tersebut, Sudjarno melanjutkan, LIB menggelar simulasi di setiap stadion yang menyelenggarakan laga babak grup. Pada Jumat (12/3), simulasi bertempat di Stadion Manahan, Solo, tuan rumah Grup A sekaligus lokasi pembukaan Piala Menpora 2021.

Baca Juga

Sudjarno pun memastikan simulasi serupa juga dilakukan di Stadion Kanjuruhan (Malang, Grup B), Si Jalak Harupat (Bandung, Grup C) dan Maguwoharjo (Sleman, Grup D). "Nanti 'venue' lainnya juga akan melakukan itu," kata Sudjarno.

Sudjarno pun mengingatkan kembali bahwa protokol kesehatan yang dilaksanakan di Piala Menpora 2021 berdasarkan pada prosedur yang sudah disusun PSSI dan LIB berdasarkan petunjuk dari FIFA, AFC, Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.

Protokol kesehatan serupa sebelumnya sudah diterapkan dalam laga uji coba tim nasional Indonesia persiapan SEA Games 2021 kontra Tira Persikabo dan Bali United pada awal Maret 2021 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Itu menjadi uji coba protokol kesehatan dan, berdasarkan penilaian dari Menpora Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, gelarannya cukup sempurna. Itulah yang menjadi salah satu pegangan untuk Piala Menpora," tutur Sudjarno.

Piala Menpora 2021 berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021. Turnamen pramusim ini akan dibuka di Stadion Manahan, Solo, pada 21 Maret 2021 dengan laga perdana Arema FC versus Tira Persikabo.

Piala Menpora 2021 diikuti oleh tim-tim Liga 1 yang dibagi ke dalam empat grup. Dua tim teratas setiap grup akan melangkah ke babak delapan besar, lalu semifinal dan final. Juara Piala Menpora 2021 akan mendapatkan uang sebesar Rp 2 miliar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA